PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING PROCESS PADA TOKO ONLINE (STUDI PADA ZALORA.CO.ID)

Lia Octaria Pasaribu

Informasi Dasar

17.04.1100
658.872
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Perkembangan teknologi digital dan internet telah memberikan dampak begitu signifikan terhadap masyarakat Indonesia. Bahkan internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan. Salah satu bisnis atau perdagangan yang menggunakan fasilitas internet sebagai media adalah dengan munculnya e-commerce. Salah satu contoh bisnis e-commerce yang terkenal di Indonesia adalah toko online Zalora.co.id. Munculnya toko online juga mendukung kemajuan tren fashion di Indonesia. Bahkan lewat fashion, seseorang dapat menunjukkan status sosialnya pada orang lain, tidak peduli kenal atau tidak. Konsumen yang berbelanja produk fashion cenderung melakukan pembelian didasari oleh motivasi belanja tertentu. Hedonic shopping motivation adalah salah satu motivasi belanja yang mendukung terjadinya pembelian tidak terencana atau impulse buying process. Penelitian ini dilakukan pada Konsumen Zalora.co.id yang pernah melakukan pembelian. Penelitan ini bertujuan untuk melihat hedonic shopping motivation yang mempengaruhi impulse buying process dalam pembelian secara online. 
Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan kuisioner terhadap 100 orang responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, yang bertujuan untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Dengan menggunalan teknik analisis data secara deskriptif dan menggunakan regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana yaitu Y = 0.941 + 0.763X. Hedonic shopping motivation memiliki nilai sebesar 0.763 terhadap impulse buying process pada toko online Zalora.co.id. Hasil uji t membuktikan variabel independen (hedonic shopping motivation) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (impulse buying process) pada Zalora.co.id. Koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh adalah sebesar 54.61% sedangkan sisanya 45.39% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Hedonic shopping motivation dan impulse buying process pada Zalora.co.id termasuk dalam kategori baik. Dimana Zalora.co.id mampu memfasilitasi konsumen yang memiliki motivasi belanja hedon yang dimiliki konsumen sehingga terciptalah proses pembelian secara impulsif. Berdasarkan besar pengaruhnya, ternyata hedonic shopping motivation memberikan sumbangsih sebesar 54.61% dalam mempengaruhi impulse buying process pada Zalora.co.id.

Kata Kunci : Hedonic Shopping Motivation, Impulse buying process, Zalora.co.id

Subjek

MARKETING
 

Katalog

PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING PROCESS PADA TOKO ONLINE (STUDI PADA ZALORA.CO.ID)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Lia Octaria Pasaribu
Perorangan
Citra Kusuma Dewi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • SN843036 - SKRIPSI
  • CBH4K6 - SKRIPSI
  • KHI4J4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini