Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Taksi Putra

Agung Hidayat

Informasi Dasar

17.04.1271
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Pada saat ini industri jasa transportasi taksi semakin marak di Indonesia khususnya di kota Bandung. Dalam penelitian ini PT. Putra Transport Nusantara sebagai objek penelitian yang merupakan perusahaan penyedia jasa transportasi taksi Kepuasan konsumen merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu perusahaan dalam mempertahankan eksistensinya di pasar, dan dengan semakin tingginnya tingkat persaingan. Dengan memperhatikan aspek ini diharapkan perusahaan terus meningkatkan kualitas jasa, yang pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan perusahaan.Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengetahui penilaian konsumen atas kualitas jasa yang diberikan dan mengetahui faktor kualitas jasa yang dianggap penting oleh konsumen, tetapi belum baik dalam pelaksanaanya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dimana metode yang memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan korelasi antara variabel yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder, dimana data primer didapatkan secara langsung dari responden penelitian yaitu dengan menyebarkan kuesioner, wawancara dan pengamatan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber-sumber lain atau literature-literatur yang berkaitan dengan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen taksi Putra di kota Bandung dan dalam penelitian ini menggunakan teknik Conviniencesampling, yaitu metode penetapan sampel berdasarkan kebetulan, anggota populasi yang ditemui peneliti dan bersedia menjadi responden dijadikan sampel. namun dalam penelitian ini memiliki 100 responden. Berdasarkan hasil jawaban responden, dapat disimpulkan bahwa penilaian setiap sub variabel dalam kualitas jasa memiliki nilai yang dominan berkisar antara 67% sampai dengan 69%, namun terdapat sub variabel kehandalan (reliability) dan bukti langsung (tangibles) yang memiliki nilai terendah masing – masing sebesar 67,12% dan 67,62% dan nilai tertinggi dalam sub variabel kualitas jasa yaitu jaminan (assurance) dengan nilai sebesar 69,91%. Dan nilai rata – rata dari keseluruhan hasil variabel kualitas jasasebesar 68,63% sehingga termasuk kedalam kategori baik. Sedangkan untuk nilai rata – rata dari keseluruhan hasil variabelkepuasan konsumen terhadap taksi Putra sebesar 68,5% yang berarti termasuk kategori baik, dan nilai tertinggi dalam variabel kepuasan konsumen dimiliki oleh sub variabel keluhan dengan nilai sebesar 70,5%.Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa kualitas jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada taksi Putra dengan nilai thitungsebesar 8,191 lebih besar dari ttabel 2,3 . Maka disimpulkan bahwa variabel kualitas jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) pada taksi Putra. Berdasarkan koefisien determinasi didapat bahwa variabel kualitas jasa mempunyai pengaruh kepada kepuasan konsumen taksi Putra sebesar 0,406 atau sebesar 40,6% dan sisanya 59,4% menunjukan bahwa terdapat faktor – faktor lain yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis menyarankan PT. Putra Transport Nusantaraharus meningkatkan kualitas jasa terutama dalam segi kehandalan dan bukti langsung yang dapat dirasakan oleh konsumen Kata Kunci : Kualitas Jasa, Kepuasan Konsumen

Subjek

MANAGEMENT MARKETING
 

Katalog

Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Taksi Putra
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Agung Hidayat
Perorangan
KRISTINA SISILIA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini