STRATEGI KOMUNIKASI RELAWAN PENGAJAR KOMUNITAS TABOO DALAM POLA PENGAJARAN (STUDI KASUS PADA PROGRAM PELATIHAN ANAK-ANAK)

Riska Pratiwi

Informasi Dasar

17.04.1296
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pada program pelatihan anak-anak di Rumah Kreatif Komunitas TABOO, yang menerapkan pendidikan kreatif sebagai counter hegemoni atas kapitalisme pendidikan. Kapitalisme pendidikan merupakan sebuah dampak dari adanya dominasi kaum kapitalis dalam dunia pendidikan, khususnya pada sekolah formal. Hal ini menyebabkan proses humanisasi dalam pendidikan menjadi terhambat oleh adanya unsur birokratisme, vandalisme, dan pragmatisme. Oleh karena itu, Komunitas TABOO berusaha untuk memberikan pola pendidikan yang berbeda dan melibatkan strategi komunikasi yang berbeda pula dari pola komunikasi dan strategi komunikasi di sekolah formal pada umumnya. Berdasarkan fokus dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa teori, yaitu: Teori Problematic Integration dan Teori Reasoned Action untuk menjawab bagaimana relawan pengajar Komunitas TABOO mengenal karakteristik peserta didiknya, dan Teori Perencanaan Berger untuk memahami bagaimana relawan pengajar Komunitas TABOO menyusun materi belajar dan bagaimana metode pembelajaran dalam penyampaian materi belajar tersebut kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan menggunakan paradigma konstruktivisme dimana pemahaman mengenai strategi komunikasi tersebut dibangun dari hasilinteraksi sosial langsung dengan subyek penelitian di lapangan. Hasil penelitian ini kemudian diharapkan dapat menjelaskan bagaimana strategi komunikasi pada Rumah Kreatif Komunitas TABOO ini sehingga dapat menjadi referensi dalam penelitian-penelitian yang terkait dengan strategi komunikasi dalam bidang pendidikan selanjutnya.

Kata Kunci : kapitalisme pendidikan, pendidikan kreatif, strategi komunikasi, metode pembelajaran

ABSTRACT

 This research purposed to know about communication strategy in the training children program at Creative Home of TABOO Community, which is applied creative education as the counter hegemony of education capitalism.  Capitalism of education is an effect of the capitalist’s dominant in education field, especially in formal school.  It caused the process of humanization became hampered by bureaucratism, vandalism, and pragmatism.  Because of it, TABOO Community tried to give different an education path and involved different communication strategy from formal schools’. 
 Based on the focus of this research, researcher used some theories, they are: Problematic Integration Theory and Reasoned Action Theory for answering how the volunteers of TABOO Community know their student, and Berger’s Planning Theory for understanding how the volunteers of TABOO Community made the subject of studying and how the learning method was going for provide the subject of studying.
 This research used qualitative approach by using case study method and constructivism paradigm which the understanding of communication strategy in this research was built by the result of social interaction with the subject research directly.  The result of this research is hopefully able to explain how the communication strategy of Creative Home of TABOO Community, so it’s also able to be the reference in the next researches of communication strategy, especially in the education field.

Keywords : capitalism of education, creative education, communication strategy, learning method

Subjek

COMMUNICATION STRATEGY
 

Katalog

STRATEGI KOMUNIKASI RELAWAN PENGAJAR KOMUNITAS TABOO DALAM POLA PENGAJARAN (STUDI KASUS PADA PROGRAM PELATIHAN ANAK-ANAK)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Riska Pratiwi
Perorangan
ARIE PRASETIO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini