PENGARUH KUALITAS LABA, PROFITABILITAS DAN PERGANTIAN AUDITOR TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012)

Geofry Hotma Tarapul Simanjuntak

Informasi Dasar

17.04.1315
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Laporan keuangan mempunyai peran yang penting dalam proses pengukuran dan penilaian kinerja perusahaan serta bermanfaat untuk pengambilan keputusan. Kasus PT. Bank Mutiara Tbk (Bank Century) merupakan skandal nasional perbankan yang berdampak pula pada keterlambatan penyampaian laporan keuangan dari tahun 2009 hingga 2012. Masalah tersebut merupakan fenomena penelitian ini yang berkaitan dengan keterlambatan penyampaian laporan keuangan audited atau audit report lag. Atas hal tersebut, maka tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh kualitas laba, profitabilitas, dan pergantian auditor terhadap audit report lag pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif dan bersifat kausalitas. Unit analisis perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel dengan teknik sampling purposive sampling dan didapatkan sampel penelitian sebanyak 78 sampel. Metode analisis statistik yang digunkaan dalam penelitian ini adalah analisis regresi dengan data panel. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kualitas laba, profitabilitas dan pergantian auditor secara simultan berpengaruh terhadap audit report lag sebesar 12.89%, (2) Secara parsial, kualitas laba dan profitabilitas berpegaruh negatif terhadap auditor report lag, sementara itu pergantian auditor tidak berpengaruh.

Kata Kunci : kualitas laba, profitabilitas, pergantian auditor, audit report lag.

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH KUALITAS LABA, PROFITABILITAS DAN PERGANTIAN AUDITOR TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Geofry Hotma Tarapul Simanjuntak
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini