Strategi Komunikasi Cyber CSR (Analisis isi pada Official Website PT Pertamina www.pertamina.com)

GAMAL HIDAYAH

Informasi Dasar

17.04.1354
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Cyber CSR (Analisis isi pada Official Website PT Pertamina www.pertamina.com)”. Di era persaingan global, perusahaan tidak hanya bertujuan untuk memaksimalkan profit, namun mengantisipasi harapan pemangku kepentingan dengan melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membangun reputasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi komunikasi cyber CSR pada official website dan media sosial facebook, twitter, dan Instagram PT Pertamina yang digunakan oleh perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan pemangku kepentingan yang menaruh harapan terhadap kegiatan CSR yang di lakukan oleh perusahaan. Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi CSR yang di lakukan dan kemudian di komunikasikan melalui media online perusahaan yaitu website dan media sosial. Analisis Penelitian data menggunakan metode analisis isi untuk menggambarkan suatu pesan atau suatu teks dan gambar tertentu. Temuan dari penelitian ini menyajikan strategi komunikasi CSR yang di sajikan melalui berita CSR pada situs yang diteliti menggunakan bentuk strategi komunikasi csr yaitu public relation, strategi defensive dan keinginan tulus untuk melakukan kegiatan yang baik yang benar-benar berasal dari visi perusahaan tersebut (Famiola dan Rudito, 2007). Hasil penelitian menunjukan bahwa, peneliti mendapatkan data bahwa kegiatan strategi komunikasi cyber CSR yang dilakukan oleh PT Pertamina melalui official website nya www.ptpertamina.com menerapkan 2 metode strategi komunikasi CSR yaitu yang dominan strategi public relations dan Keinginan Tulus Untuk Melakukan Kegiatan yang Baik yang Benar-benar Berasal dari Visi Perusahaan Tersebut, PT Pertamina tidak melakukan pemberitaan untuk upaya Strategi Defensif. Untuk media sosial Facebook, Twitter, dan Instagram PT Pertamina, pemberitaan tidak terjadi secara berkesinambungan terhadap publikasi yang terdapat pada pemberitaan CSR pada website, terlihat hanya ada 1 berita yang berkesinambungan dengan media sosial Facebook PT Pertamina dan tidak dengan waktu dan tanggal yang bersamaan/ manual posting.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Strategi Komunikasi CSR, Cyber CSR, Website, Facebook, Twitter, Instagram, PT Pertamina.

Subjek

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
 

Katalog

Strategi Komunikasi Cyber CSR (Analisis isi pada Official Website PT Pertamina www.pertamina.com)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GAMAL HIDAYAH
Perorangan
FREDDY YUSANTO, RANA AKBARI FITRIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini