PERANCANGAN INFRASTRUKTUR LAN PADA YAYASAN KESEHATAN (YAKES) TELKOM BANDUNG DENGAN MODEL CISCO THREE LAYER HIERARCHICAL MENGGUNAKAN METODOLOGI NETWORK DEVELOPMENT LIFE CYCLE (NDLC)

ISNAINI HAYATI

Informasi Dasar

17.04.1423
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Yayasan Kesehatan Telkom (Yakes Telkom) merupakan sebuah organisasi pengelola layanan kesehatan di bawah perusahaan Telekomunikasi Indonesia. Yakes Telkom menggunakan infrastruktur LAN untuk mendukung tujuan organisasi. Kondisi infrastruktur LAN pada tahun 2017 ini belum ada standardisasi terhadap infrastruktur LAN baik dari sisi penggunaan dan tata letak perangkat. Jaringan saat ini terdiri dari satu router yang terhubung ke switch layer 2 dan langsung terhubung ke komputer (single link). Kondisi tersebut dapat menimbulkan permasalahan jika terjadi gangguan pada switch, maka mengakibatkan seluruh komputer tidak dapat terhubung karena tidak ada redundant link. Yakes Telkom juga belum menerapkan manajemen bandwidth sesuai kebutuhan pengguna jaringan. Yakes Telkom Bandung membutuhkan perancangan infrastruktur LAN menggunakan Cisco Three Layer Hierarchical Model. Network Development Life Cycle (NDLC) digunakan sebagai metode dalam perancangan infrastruktur jaringan karena sifatnya yang berulang dan berkelanjutan untuk pengembangan infrastruktur jaringan suatu organisasi. Tahapan NDLC yang digunakan yaitu Analysis, Design dan Simulation Prototyping. Penelitian ini menghasilkan rancangan infrastruktur LAN Yakes Telkom Bandung dengan menerapkan redundant link. Pengukuran QoS (Qouality of Service) dengan parameter throughput menghasilkan nilai untuk aplikasi kategori high 335 kbps, medium 211 kbps dan low 76 kbps. Waktu delay yaitu 0.03 s masuk dalam kategori baik sesuai standar ITU-T G1010 (The International Telecommunication Union-Telecommunication) dan packet loss 0.56% sesuai standar TIPHON (Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Network).

Kata kunci: LAN, Cisco Three Layer Hierarchical Model, NDLC, QoS, redundant link, manajemen bandwidth, Yakes Telkom ?

Subjek

Network computer
 

Katalog

PERANCANGAN INFRASTRUKTUR LAN PADA YAYASAN KESEHATAN (YAKES) TELKOM BANDUNG DENGAN MODEL CISCO THREE LAYER HIERARCHICAL MENGGUNAKAN METODOLOGI NETWORK DEVELOPMENT LIFE CYCLE (NDLC)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ISNAINI HAYATI
Perorangan
M. TEGUH KURNIAWAN, ADITYAS WIDJAJARTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • ISG2G4 - JARINGAN KOMPUTER
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini