PREFERENSI KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN WEBSITE BUKALAPAK DENGAN METODE CONJOINT

ARRAZZAQ BARDO BATAVIO

Informasi Dasar

17.04.1469
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat di Indonesia, terlihat dengan adanya internet berdampak bagi perkembangan teknologi informasi di lingkungan masyarakat, salah satunya adalah E-commerce (electronic commerce) atau biasa disebut sebagai aktivitas belanja yang dilakukan secara online, e-commerce adalah salah satu pemanfaatan teknologi internet yang dilakukan oleh masyarakat. Dengan e-commerce, masyarakat dapat melakukan pembelian ataupun penjualan sesuai dengan keinginannya. Bukalapak salah satu perusahaan di Indonesia yang berdiri sebagai perusahaan e-commerce yang menawarkan masyarakat untuk bisa melakukan pembelian maupun penjualan di websitenya secara gratis. Bukalapak memiliki para pesaing untuk terus bersaing didalam dunia e-comerce di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen dalam menggunakan layanan situs Bukalapak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dan eksploratif, dengan menggunakan teknik purposive sampling yang ditujukan khusus kepada masyarakat Kota Bandung yang pernah melakukan kegiatan belanja online di Bukalapak sebagai kriteria responden dalam penelitian ini, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden di Kota Bandung. Analisis data yang digunakan adalah conjoint analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keseluruhan responden menjadikan atribut metode pembayaran sebagai preferensi utama dalam menggunakan layanan situs Bukalapak, lalu diikuti oleh atribut tampilan website, produk dan fitur. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan sumber informasi yang berguna bagi perusahaan Bukalapak untuk dapat bertahan ditengah persaingan yang kompetitif dalam bidang e-commerce di Indonesia dengan meningkatkan kualitas layanan yang disesuaikan berdasarkan dengan preferensi konsumen.

Kata Kunci: Conjoint Analysis, E-commerce, Layanan, dan Preferensi.

Subjek

MARKETING RESEARCH
 

Katalog

PREFERENSI KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN WEBSITE BUKALAPAK DENGAN METODE CONJOINT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARRAZZAQ BARDO BATAVIO
Perorangan
HUSNI AMANI, WAWAN TRIPIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini