Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas dan Investment Opportunity Set terhadap Profitabilitas (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015)

TUTUT NURCAHYATI

Informasi Dasar

17.04.1576
332.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laba atau profit merupakan salah satu tujuan utama berdirinya setiap badan usaha. Tanpa diperolehnya laba, perusahaan tidak dapat memenuhi tujuan lainnya yaitu pertumbuhan terus -menerus (going concern) dan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility). Sekarang ini perkembangan usaha semakin meningkat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menimbulkan persaingan yang competitive, khususnya antar perusahaan yang sejenis. Perusahaan akan melakukan berbagai aktivitas untuk mencapai tujuannya memperoleh laba dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, dan Investment Opportunity Set terhadap profitabilitas. Objek penelitian yang digunakan adalah pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015. Sampel yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel diambil dengan metode purposive sampling dan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 50 perusahaan. Metode statistik menggunakan analisis Regresi Data Panel dengan pengujian hipotesis uji statistik t dan uji statistic F. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan software Eviews 8.0, secara simultan variabel independen yang terdiri dari Debt to Asset Ratio (DAR), Current Ratio (CR), dan Market Value to Book Value of Equity (MVE/BVE) memiliki pengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA). Sedangkan pengujian secara parsial, menunjukan hasil bahwa variabel Debt to Asset Ratio (DAR) berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA), Current Ratio (CR) berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA), dan Market Value to Book Value of Equity (MVE/BVE) berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA). Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan perusahaan yang memiliki nilai rata-rata profitabilitas rendah melakukan upaya peningkatan dengan cara meningkatkan Debt to Asset Ratio, Current Ratio, dan Market Value to Book Value of Equity perusahaan. Karena ketiga variabel tersebut ternyata mampu meningkatkan tingkat profitabilitas perusahaan.

Kata Kunci: Debt to Asset Ratio (DAR), Current Ratio (CR), Market Value to Book Value of Equity (MVE/BVE), Return on Asset (ROA).

Subjek

INVESTMENT ANALYSIS
 

Katalog

Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas dan Investment Opportunity Set terhadap Profitabilitas (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TUTUT NURCAHYATI
Perorangan
Dr. Farida Titik Kristanti, S.E., M.Si.
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini