PENGARUH IKLAN TRAVELOKA DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi di Indonesia)

RANU BURHANUDIN

Informasi Dasar

17.04.1579
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring berkembangnya digitalisasi serta bisniss e-commerce yang semakin meningkat di Indonesia, penyedia jasa travel online (Online Travel Agent) mulai bermunculan dan saling bersaing memikat calon pelanggan di Indonesia yang terbiasa berwisata. Perusahaan jasa Online Travel Agent Traveloka muncul sebagai startup yang berhasil menarik calon konsumennya dengan cara yang salah satunya melalui iklan di televisi. Dengan Iklan yang efektif akan menarik minat beli dari calon konsumen yang melihat iklan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklan Traveloka di televisi terhadap minat beli dari calon konsumennya. Menurut Hemamalini & Kurup, (2014) Kebanyakan studi di berbagai negara mengungkapkan bahwa iklan di televisi memiliki efek terbesar pada khalayak dan menarik khalayak luas untuk memulai proses pembelian. Minat beli dapat mengukur kemungkinan konsumen untuk membeli suatu produk, dan lebih tinggi niat pembelian, semakin tinggi kesediaan konsumen untuk membeli produk (Dodds, et al, 1991;. Schiff Pria & Kanuk, dalam Hemamalini & Kurup, 2014:1) Teknik Sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode convenience sampling. Penelitian dilakukan dengan penyebarkan kuesioner yang dibuat di Google Docs dan disebar secara online kepada 400 orang responden di Indonesia Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dan dengan tujuan kausal atau menjelaskan sebab akibat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, korelasi, dan regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS 23.0 untuk mengolah datanya. Hasil penelitian ini didapatkan nilai Adjusted R Square sebesar 26% yang berarti bahwa 26% variabel minat beli dapat dijelaskan oleh variabel iklan di televisi, sedangkan sisanya 74% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil tersebut menunjukan bahwa iklan Traveloka di televisi memiliki dampak positif yang signifikan terhadap minat beli konsumen.

Kata Kunci: Iklan di Televisi, Minat Beli, Traveloka

Subjek

ADVERTISING IN TELEVISION
 

Katalog

PENGARUH IKLAN TRAVELOKA DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi di Indonesia)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RANU BURHANUDIN
Perorangan
DAMAYANTI OCTAVIA
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini