Pengaruh Kompetisi Politik, Pendapatan Asli Daerah dan Opini Audit terhadap Implementasi E-Government (Studi pada Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi di Indonesia tahun 2012-2015)

RINDA DWI UTAMI

Informasi Dasar

17.04.1600
657.61
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

E-Government merupakan suatu upaya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi, akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. E-Government sudah mulai dilaksanakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Namun, belum adanya pedoman mengenai pelaksanaan e-Government pada pemerintah daerah dan adanya kewenangan otonomi daerah menyebabkan pelaksanaan yang belum merata. Selain itu ada faktor lain yang dapat mempengaruhi implementasi e-Government oleh pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetisi politik, pendapatan asli daerah (PAD) dan opini audit terhadap implementasi e-Government. Kompetisi politik diukur dengan jumlah anggota DPRD tingkat provinsi terpilih pada setiap periode. Pendapatan asli daerah diukur dari perolehan realisasi pendapatan asli daerah tahunan dan opini audit diukur dari hasil pemeriksaan BPK terhadap laporan keuangan daerah tahunan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan termasuk pada kategori deskriptif verifikatif. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling, yaitu provinsi yang ada di Indonesia dan terdapat pada Pemeringkatan E-Government Indonesia (PeGI) tahun 2012-2015. Pengujian hipotesis menggunakan metode statistik data panel pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pendapatan asli daerah berpengaruh signifikan terhadap implementasi e-Government. Sedangkan kompetisi politik dan opini audit tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap implementasi e-Government. Penelitian mendatang dapat menggunakan variabel dan objek lain untuk mengukur implementasi e-government. Bagi pemerintah pusat agar mengeluarkan pedoman pelaksanaan e-government yang baku dan bagi pemerintah daerah agar dapat meneladani daerah yang sudah baik dalam menjalankan e-Government.

Keyword:e-Government, kompetisi politik, pendapatan asli daerah, opini audit

Subjek

ACCOUNTING FOR GOVERNMENT
 

Katalog

Pengaruh Kompetisi Politik, Pendapatan Asli Daerah dan Opini Audit terhadap Implementasi E-Government (Studi pada Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi di Indonesia tahun 2012-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RINDA DWI UTAMI
Perorangan
Dini Wahjoe Hapsari, Dewa Putra Krishna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini