PENGARUH KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR TERHADAP KESUKSESAN USAHA KULINER DI KABUPATEN BANDUNG (STUDI KASUS : USAHA KULINER KECAMATAN BOJONGSOANG)

ALI AL JUFRI

Informasi Dasar

17.04.1611
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kecamatan Bojongsoang merupakan salah satu wilayah yang potensi besar bagi pertumbuhan UKM khususnya di bidang kuliner, akan tetapi banyak dari pengusaha kuliner tersebut yang tidak mampu bertahan. Terdapat indikasi bahwa ketidakmampuan pengusaha untuk bertahan dan meraih kesuksesan berhubungan dengan lemahanya karakter pengusaha dalam menjalankan bisnis. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakter pengusaha dan kesuksesan pengusaha kuliner di Kecamatan Bojongsoang, tingkat kesuksesan pengusaha kuliner di Kecamatan Bojongsoang dan seberapa besar pengaruh karakter pengusaha terhadap kesuksesan usaha.

Metode yang digunakan dalam penelian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada 148 pengusaha kuliner di Kecamatan Bojongsoang, Selain itu dilakukan juga wawancara dan observasi ke lapangan untuk memperolah data penunjang.

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan karakter pengusaha dan kesuksesan usaha menunjukan nilai yang rendah sehingga dikategorikan buruk. Hasil uji regresi linear menunjukan bahwa karakter pengusaha memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesuksesan usaha. Berdasarkan hasil tersebut pengusaha kuliner disarankan untuk meningkatkan karakternya dengan mengikuti berbagai penyuluhan dan pelatihan. Selanjutnya pemerintah disarankan untuk meningkatkan dukungan pada aktivitas UMKM dengan memberikan bantuan permodalan, dan memberikan pelatihan serta penyuluhan untuk pengusaha UMKM secara intensif.

Kata kunci: Pengusaha kuliner, karakter pengusaha, kesuksesan usaha

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PENGARUH KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR TERHADAP KESUKSESAN USAHA KULINER DI KABUPATEN BANDUNG (STUDI KASUS : USAHA KULINER KECAMATAN BOJONGSOANG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALI AL JUFRI
Perorangan
Grisna Anggadwita, Mediany Kriseka Putri
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini