PENGGUNAAN ANALISIS SENTIMEN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK MARKETING INTELLIGENCE DENGAN MEMBANDINGKAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN E-COMMERCE DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA BUKALAPAK, TOKOPEDIA DAN ELEVENIA)

FATMA SAVIERA

Informasi Dasar

17.04.1642
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Pertumbuhan pasar e-commerce yang sangat pesat di Indonesia membuat banyaknya situs e-commerce yang bermunculan. Bukalapak, Tokopedia dan Elevenia merupakan tiga dari lima situs e-commerce terbaik yang paling sering dikunjungi di Indonesia. Adanya vertical venue market membuat marketing intelligence menjadi penting dalam suatu organisasi bisnis. Salah satu elemen penting dalam marketing intelligence ialah pemahaman pelanggan, dalam memahami pelanggan perusahaan perlu melakukan kajian terhadap pelanggan salah satunya dengan mengkaji aspek kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan analisis sentimen untuk mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan terhadap ketiga situs e-commerce tersebut. Berbagai sentimen pelanggan baik positif maupun negatif yang diungkapkan melalui media sosial akan mempengaruhi penyebaran informasi di media sosial. Dalam bisnis e-commerce pembeli tidak melihat barang secara langsung, sehingga pengalaman pelanggan lain akan menjadi input pada saat proses pertimbangan sebelum melakukan pembelian Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengklasifikasikan sentimen pelanggan dalam media sosial twitter agar dapat menjadi suatu informasi, kemudian hasil analisis sentimen setiap perusahaan pada penelitian ini akan dibandingkan, untuk mengetahui posisi masing-masing perusahaan. Metode klasifikasi teks akan yang akan dilakukan dalam penelitian ini ialah naive bayes classifier dengan pembobotan TF-IDF , sedangkan untuk melakukan validasi dan evaluasi pada klasifikasi teks naive bayes dilakukan menggunakan K-fold cross validation dan confusion matrix. Hasil penelitian menunjukan bahwa sentimen negatif terhadap ketiga situs e-commerce tersebut lebih mendominasi di media sosial, dan situs e-commerce dengan sentimen negatif paling tinggi ialah Bukalapak kemudian Tokopedia dan Elevenia. Perusahaan sebaiknya memperhatikan sentimen yang disampaikan pelanggan dan juga posisi perusahaan diantara para pesaing, karena saat ini banyak calon konsumen yang mencari informasi melalui media sosial sebelum melakukan pembelian.

Kata kunci: e-commerce, analisis sentiment, naive bayes, marketing intelligence, kepuasan pelanggan

Subjek

BIG DATA
 

Katalog

PENGGUNAAN ANALISIS SENTIMEN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK MARKETING INTELLIGENCE DENGAN MEMBANDINGKAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN E-COMMERCE DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA BUKALAPAK, TOKOPEDIA DAN ELEVENIA)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FATMA SAVIERA
Perorangan
ANDRY ALAMSYAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  @pump_upp - best crypto pumps on telegram ! 21 January, 2023
deactaayud – DEACTA AYU DIGPASARI
https://t.me/pump_upp - best crypto pumps on telegram
Make 1000% and more within 1 day, join channel @pump_upp !
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini