AKTIVITAS KOMUNIKASI TRADISI SELOKO PADA ADAT PERNIKAHAN KOTA JAMBI (STUDI ETNOGRAFI KOMUNIKASI MENGENAI AKTIVITAS KOMUNIKASI TRADISI SELOKO PADA ADAT PERNIKAHAN DI KOTA JAMBI, JAMBI)

PUTRI ZULWARNI

Informasi Dasar

17.04.1654
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tradisi Seloko pada Adat Pernikahan Kota Jambi adalah tradisi upacara pernikahan yang diterapkan oleh masyarakat Provinsi Jambi di Kota Jambi. Pada adat pernikahan Kota Jambi harus kita ketahui pentingnya tahapan-tahapan pada adat pernikahan yaitu Beghusik sighih begughau pinang, Tegak betuik duduk batanyo, Ikat buat janji semayo (lamaran), Adat diisi lembago dituang (akad nikah), dan Buka Lanse. Tahapan-tahapan yang disebutkan `sebelumnya adalah ciri khas dari adat pernikahan Kota Jambi yang harus dipenuhi dan dilakukan secara berurutan sesuai dengan hukum adat yang berlaku di Kota Jambi. Selanjutnya dilaksanakan rangkaian kegiatan upacara pernikahan sesuai tahapan-tahapan adat pernikahan Kota Jambi dan hukum adat yang berlaku di Kota Jambi. Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan aktivitas komunikasi yang terjadi pada tradisi seloko di dalam adat pernikahan Kota Jambi, Jambi. Pada penelitian ini menggunakan metode studi etnografi komunikasi dalam penelitian kualitatif, didukung oleh paradigma konstruktivisme. Data diperoleh dari hasil wawancara secara mendalam dengan tokoh adat Kota Jambi, pengantin laki-laki, pengantin perempuan, dan kedua orang tua dari pengantin perempuan. Selain itu, data yang diperoleh didukung dari hasil observasi partisipan, kemudian data diuji kebenarannyadengan metode triangulasi sumber. Kemudian hasil data dianalisis dengan menggunakan redukasi data, penyajian data dalam uraian singkat, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu diperoleh yaitu situasi komunikatif pada pernikahan tersebut berlangsung secara sakral dan sesuai dengan hukum adat yang berlaku, kondusif, keakraban, kegembiraan, dan kental akan adat pernikahan Kota Jambi. Peristiwa komunikasi memberikan gambaran secara berurutan mengenai proses terjadinya pernikahan mulai tahapan awal pernikahan hingga akhir pernikahan. Sedangkan tindakkan komunikatif mendeskripsikan bagaimana tindakan-tindakan yang dilakukan pada proses dalam setiap tahapan atau interaksi yang terjadi pada setiap proses tahapan-tahapan adat pernikahan Kota Jambi yang memberikan arti simbolik sebagian komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal. Ketiga unsur hasil penelitian yang terdiri dari situasi komunikatif, peristiwa komunikatif, dan tindak komunikatif menjadi kunci dalam mendeskripsikan proses komunikasi yang terdapat pada adat pernikahan di Kota Jambi, Jambi. Kata Kunci : Aktivitas Komunikasi, Tradisi Seloko, Adat Pernikahan Jambi, Etnografi Komunikasi

Subjek

COMMUNICATION ORGANIZATION
 

Katalog

AKTIVITAS KOMUNIKASI TRADISI SELOKO PADA ADAT PERNIKAHAN KOTA JAMBI (STUDI ETNOGRAFI KOMUNIKASI MENGENAI AKTIVITAS KOMUNIKASI TRADISI SELOKO PADA ADAT PERNIKAHAN DI KOTA JAMBI, JAMBI)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI ZULWARNI
Perorangan
RAH UTAMI NUGRAHANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini