PERANCANGAN MODEL BISNIS PT.GO-JEK MENGGUNAKAN UNIFIED MODEL LANGUAGE (UML) BERDASARKAN HASIL REKOMENDASI DARI BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

MUHAMMAD IKHLAS R

Informasi Dasar

17.04.1657
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Transportasi secara umum memiliki pengaruh besar terhadap perorangan, pembangunan ekonomi, dan sosial politik di suatu wilayah. Pada tanggal 13 Oktober 2010, Nadiem mendirikan perusahaan bernama GO-JEK, sebuah perusahaan transportasi yang melayani angkutan melalui jasa ojek yang berbasis ICT. Namun, masih terdapat kekurangan pada GO-JEK mengenai keamanan dan regulasi. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan model bisnis GO-JEK menggunakan Sembilan blok Business Model Canvas (BMC) dan SWOT, dan merekomendasikan rancangan Business Model Canvas yang baru dari hasil analisis serta merancang model bisnis yang baru menggunakan Unified Model Language (UML). Metode pengumpulan data menggunakan data primer berupa hasil wawancara terhadap tiga orang informan (divisi Operation, divisi Financial, dan divisi Produk) dari PT.GO-JEK. Serta data sekunder berupa buku-buku, artikel, penelitian terdahulu, dan jurnal referensi yang terkait pada masalah penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, model bisnis PT. GO-JEK sudah mampu untuk memenuhi Sembilan blok bangunan pada Business Model Canvas. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan rekomendasi pada blok bangunan Value Proposition, Key Resources, dan Key Activities dalam Business Model Canvas untuk memperkuat bisnis model PT.GO-JEK. serta merancang model bisnis yang baru menggunakan Unified Model Language (UML).

Subjek

Business-process analysis
 

Katalog

PERANCANGAN MODEL BISNIS PT.GO-JEK MENGGUNAKAN UNIFIED MODEL LANGUAGE (UML) BERDASARKAN HASIL REKOMENDASI DARI BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IKHLAS R
Perorangan
Yudi Pramudiana, Endang Sofyan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Teknologi dan Informatika
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini