Pengaruh Pengungkapan Laporan Keberlanjutan Terhadap Reputasi Perusahaan (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2015)

FAUZI ADIMA RANDIANSYAH

Informasi Dasar

17.04.1666
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Reputasi menjadi salah satu modal penting bagi promosi sebuah usaha karena reputasi yang baik bukan saja menjadi propaganda iklan yang efektif namun juga kepercayaan publik dan konsumen kepada usaha yang dilakukan. Keberlangsungan bisnis yang terus-menerus sangat didukung oleh reputasi perusahaan dan produk yang baik. Konsep sustainability dilakukan perusahaan dengan menjaga lingkungan sehingga kebutuhan tersebut bisa dipenuhi bukan hanya dimasa sekarang, tetapi juga dimasa depan. Sustainability itu sendiri dilakukan meliputi banyak faktor antara lain sosial, ekonomi dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh laporan keberlanjutan dengan indikator ekonomi, lingkungan dan sosial terhadap reputasi perusahaan. Objek penelitian yang digunakan adalah pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan konsisten menerbitkan laporan keberlanjutan Tahun 2014-2015. Metode pengumupulan data dilakukan dengan cara dokumentasi data yang bersumber pada laporan keberlanjutan yang dipublikasikan melalui masing-masing situs web perusahaan dan data pada Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling didapatkan jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 80 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan konsisten menerbitkan laporan keberlanjutan tahun 2014-2015. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan software Eviews 9.0, secara simultan variabel independen yang terdiri dari laporan keberlanjutan indikator ekonomi, laporan keberlanjutan indikator lingkungan dan laporan keberlanjutan indikator sosial tidak memiliki pengaruh terhadap reputasi perusahaan. Sedangkan pengujian secara parsial, menunjukan hasil bahwa laporan keberlanjutan indikator ekonomi dan laporan keberlanjutan indikator lingkungan tidak berpengaruh signifikan dengan arah positif. Sedangkan variabel laporan keberlanjutan indikator sosial) berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap pengungkapan reputasi perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan perusahaan lebih peduli terhadap tanggung jawabnya terhadap sosial dan lingkungan, tidak hanya ekonomi semata secara berkala dan berkelanjutan. Perusahaan diharapkan terus mengupdate laporan keberlanjutan sehingga para stakeholders mendapat informasi yang cukup. Kata Kunci: Laporan Keberlanjutan; Indikator Ekonomi; Indikator Lingkungan; Indikator Sosial; Reputasi Perusahaan; Harga Saham

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Pengungkapan Laporan Keberlanjutan Terhadap Reputasi Perusahaan (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAUZI ADIMA RANDIANSYAH
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini