Pengaruh Celebrity Endorser Raline Shah terhadap Keputusan Pembelian pada Shampo Pantene di Kota Bandung

ELINA DWI PRATIWI

Informasi Dasar

17.04.1670
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Saat ini industri shampo di dalam negeri, dikuasai oleh salah satu pemain besar yaitu P & G yang memasarkan produk Pantene. Shampo Pantene memilih Raline Shah sebagai celebrity endorser. Berdasarkan observasi awal peneliti menemukan masalah yaitu Raline Shah kurang menarik konsumen agar menggunakan Shampo Pantene dan rendahnya keputusan kuanitas dimana konsumen menilai ketersediaan produk shampo pantene masih kurang lengkap di pusat perbelanjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh celebrity endorser Raline Shah terhadap keputusan pembelian Shampo Pantene di Bandung. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Tipe penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan metode insidental sampling, dengan menggunakan tool SPSS 22.00. Berdasarkan hasil penghitungan statistik menggunakan Software Statistic Program of Soacial Sience (SPSS) versi 22.00, diperoleh hasil bahwa variabel bebas yaitu celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung yang diperoleh variabel (X) celebrity endorser adalah 11,979 dengan nilai signifikansi 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 11,979 > 1,987 serta 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya adanya pengaruh celebrity endorser Raline Shah (X) terhadap keputusan pembelian (Y) pada produk Shampo Pantene di Bandung. Berdasarkan hasil uji analisis koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,594. Hal ini menunjukan pengaruh variabel celebrity endorser terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 59,4%, sedangkan sisanya sebesar 40,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Kata Kunci : Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian

ABSTRACT Currently shampoo industry in the country, controlled by one of the big players that P & G market Pantene products. Pantene Shampoo chose Raline Shah as a celebrity endorser. Based on preliminary observations, the researchers found the problem of Raline Shah is less attractive to consumers to use Pantene Shampoo and low decision of kuanitas where consumers assess the availability of pantene shampoo products is still not complete in the shopping center. The purpose of this research is to know how and how much influence of celebrity endorser Raline Shah to purchase decision of Pantene Shampoo in Bandung. This study used a sample of 100 respondents. This type of research is descriptive analysis with quantitative approach, the analysis used is simple linear regression. The sampling technique used in this research is nonprobability sampling with incidental sampling method, using SPSS 22.00 tool. Based on the results of statistical calculations using the Software Statistic Program of Soacial Sience (SPSS) version 22.00, the results obtained that the independent variables of celebrity endorser significant effect on purchasing decisions with the value of t count derived variable (X) celebrity endorser is 11.979 with a significance value 0.000. Then it can be concluded that thitung> ttable is 11,979> 1,987 and 0,000 <0,05. Then it can be concluded that Ha accepted, meaning the influence of celebrity endorser Raline Shah (X) to the purchase decision (Y) on Pantene Shampoo products in Bandung. Based on the result of determination coefficient analysis obtained R square equal to 0,594. This shows the effect of celebrity endorser variable to the purchase decision variable of 59.4%, while the rest of 40.6% influenced by other variables not examined in this study.

Keywords: Celebrity Endorser, Purchase Decision

Subjek

MARKETING
 

Katalog

Pengaruh Celebrity Endorser Raline Shah terhadap Keputusan Pembelian pada Shampo Pantene di Kota Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELINA DWI PRATIWI
Perorangan
Syahputra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini