Perancangan Dan Realisasi Robot Amfibi

RAAFI DWI SUSANTO

Informasi Dasar

17.04.1715
629.892
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Robot pada umumnya hanya dapat beroperasi dalam satu medan, di darat, udara, atau air. Sehingga akan menjadi kendala apabila terjadi hal-hal yang tidak terduga seperti bencana alam dan memerlukan sebuah robot yang dapat bergerak bebas di dua medan. Maka dari itu penting ada nya robot yang dapat digunakan di dua alam atau lebih. Hingga saat ini penelitian tentang robot yang dapat digunakan di dua alam atau lebih masih terus berlanjut. Robot amfibi adalah salah satu robot yang dikembangkan dari konsep amphibian, yaitu robot yang dapat beroperasi di darat maupun di air. Hal yang masih terus dikembangkan pada robot amfibi ini adalah bagaimana cara agar robot dapat bergerak stabil baik di darat ataupun di air , dan bagaimana cara gerak yang digunakan oleh robot agar dapat bergerak di darat ataupun di air.

Berdasarkan hal tersebut pada penelitian Tugas Akhir ini, akan dilakukan implementasi konsep amphibian pada robot. Robot yang akan dirancang dan di direalisasikan akan berbentuk seperti tank dengan 2 buah motor dc sebagai aktuaktor, dan System Differential Drive sebagai sistem maneuver nya. Dasar bodi robot akan menggunakan flat-bottom hull. Untuk roda akan dipasang roda caterpillar wheel yang telah dimodifikasi dengan menambahkan paddle. Robot amfibi ini akan di kontrol secara remot dari jarak jauh melalui panel control.

Dengan rancangan bentuk seperti tank dan bodi dasar menggunakan flat-bottom hull, diharapkan robot dapat memiliki keseimbangan yang besar. Serta dengan rancangan penambahkan paddle pada roda, diharapkan robot dapat bergerak di darat maupun di air.

Subjek

ROBOTICS
 

Katalog

Perancangan Dan Realisasi Robot Amfibi
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAAFI DWI SUSANTO
Perorangan
Agung Nugroho Jati, Casi Setianingsih
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CEG4F3 - ROBOTIKA
  • CSH573 - SISTEM CERDAS LANJUT
  • CEH3K3 - SISTEM KENDALI MEKANIKA
  • CEH4C3 - ROBOTIKA DAN SISTEM CERDAS
  • CEH4H3 - SISTEM TERTANAM
  • TKI4M3 - ROBOTIKA DAN SISTEM CERDAS
  • TKI4N3 - SISTEM TERTANAM

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini