PERANCANGAN DAN ANALISIS CLUSTERING DATA MENGGUNAKAN K-MEDOIDS UNTUK BERITA BERBAHASA INGGRIS

HARIVAL ZAYUKA

Informasi Dasar

17.04.1717
006.22
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini perkembangan dunia teknologi dan informasi sangat berkembang dengan pesat. Tidak heran hal ini ini terjadi juga pada jumlah dokumen berita khususnya berita digital yang ada pada media online. Hal ini menyebabkan semakin sulitnya untuk melakukan pencarian terhadap suatu topik berita. Clustering merupakan salah satu metode data mining yang bersifat unsupervised learning untuk mengelompokkan dokumen berdasarkan kemiripannya. Untuk melakukan pengelompokan tersebut, digunakan salah satu algoritma clustering yaitu K-Medoids.

K-Medoids merupakan suatu algoritma clustering yang berusaha melakukan pengelompokan suatu dataset dengan mencari terlebih dahulu sejumlah titik yang merepresentasikan suatu cluster (medoid). Setelah mendapatkan k-medoid dokumen pada dataset dikelompokan kedalam cluster yang memiliki jarak ke medoid terdekat. Adapun metode pendekatan yang digunakan untuk menghitung jarak antar dokumen adalah euclidean distance method.

Nilai rangking yang dibangun menggunakan metode TF*IDF pada penelitian ini dapat dijalankan sehingga dapat diketahui hasil summary dari berita memiliki rank value yang dihitung secara manual sejumlah 7.68 dan sesuai dengan rank value pada sistem yang berjumlah 7.672521605716973. Artinya perhitungan yang dilakukan oleh sistem sudah sama dengan perhitungan yang dilakukan secara manual oleh penulis. Dan berita yang diuji termasuk dalam cluter travel dengan nilai akurasi sebesar 100%.

Subjek

COMPUTER ENGINEERING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN ANALISIS CLUSTERING DATA MENGGUNAKAN K-MEDOIDS UNTUK BERITA BERBAHASA INGGRIS
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARIVAL ZAYUKA
Perorangan
Surya Michrandi Nasution, Yudha Purwanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CEG4C3 - KEAMANAN SISTEM KOMPUTER
  • CEG3G3 - KECERDASAN BUATAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini