ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (STUDI KASUS PADA WEBSITE I-GRACIAS UNIVERSITAS TELKOM BANDUNG)

SYLVI ELLYUSMAN

Informasi Dasar

17.04.1764
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Suatu sistem informasi universitas dengan banyak entitas (dosen, mahasiswa, fakultas, program studi, mata kuliah,) membutuhkan usaha-usaha manajemen yang optimal untuk bisa memaksimalkan kinerja unit bisnisnya. Jaminan para kepuasan stakeholder adalah bagian terpenting dari universitas.I-Gracias merupakan sistem informasi akademik berbentuk website termasuk dalam lingkup produk internal sistem informasi Universitas Telkom, maka aspek tata kelola I-Gracias yang baik perlu dilakukan oleh Universitas Telkom. Berdasarkan dokumen Laporan Helpdesk Periode Januari sampai dengan Desember (2015-2016) terdapat 522 keluhan pada Website. I-Gracias terkadang mengalami gangguan misalnya sistem yang down, erorr saat melakukan registrasi, dan kehilangan data. Berdasarkan hal tersebut maka sistem informasi merupakan persoalan penting yang perlu dikembangkan/ diperbaiki kualitasnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan dan penilaian pengguna terhadap kinerja Website Igracias, serta idikator yang harus ditingkatkan untuk mendukung peningkatan kualitas sistem informasi akademik berbasis Website Igracias. Penelitian ini menggunakan Teknik Analisa Deskriptif dan Metode Importance Performance Analysis (IPA) berdasarkan indikator WebQual 4.0. Pada penelitian ini terdapat 439 responden mahasiswa/mahasiwi angkatan 2012 sampai dengan 2016, pada tujuh fakultas di Universitas Telkom.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan penilaian kinerja Website Igracias memiliki skor rata-rata sebesar 1499.30 atau 68.31% masuk dalam kategori tinggi, namun terdapat 1 sub variabel dimana kinerjanya berada pada kategori sedang yaitu sub variabel service interaction oleh karena itu perlu adanya continuous improvement, pengguna memiliki tingkat harapan yang tinggi terhadap seluruh sub variabel dengan skor rata-rata sebesar 1787.23 atau 81%. Hasil dari pemetaan diagram IPA kuadran I diisi oleh indikator Website I-Gracias menyampaikan rasa kompetensi (dapat diakses setiap saat), Website I-Gracias menyediakan informasi dengan detail, dan pengguna merasa aman terhadap informasi pribadinya (informasi tidak pernah hilang atau berubah), berdasarkan presepsi pengguna tiga indikator tersebut harus menjadi konsentrasi Bagian Disrektorat Sistem Informasi untuk melakukan perbaikan pada Website Igracias.

Kata Kunci: Sistem Informasi, WebQual 4.0, Analisis Deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA), Continuous Improvement

Subjek

Operation management
 

Katalog

ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (STUDI KASUS PADA WEBSITE I-GRACIAS UNIVERSITAS TELKOM BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYLVI ELLYUSMAN
Perorangan
Rieka F. Hutami
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Teknologi dan Informatika
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • SM532033 - MANAJEMEN OPERASI
  • SM321183 - SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
  • BM62A4 - MANAJEMEN OPERASI DAN KUALITAS

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini