PERANCANGAN APLIKASI DAN IMPLEMENTASI PENCARIAN LOKASI TERDEKAT PADA FAKULTAS TEKNIK TELKOM UNIVERSITY BERBASIS ANDROID

KEVIN PRATHAMA NUGRAHA

Informasi Dasar

17.04.1767
005.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pencarian rute pada peta geografis mempunyai banyak aplikasi di banyak bidang. Rute yang dicari biasanya merupakan rute terpendek dalam artian dengan biaya kecil. Algoritma Dijkstra merupakan salah satu dari banyak algoritma pencarian rute pada peta geografis. Keunggulan dari algoritma ini adalah efisiensi waktu dengan tidak mengorbankan perhitungan biaya. Hal tersebut dimungkinkan karena selain memperhitungkan biaya, algoritma ini juga menggunakan estimasi untuk memprioritaskan arah pencarian yang benar.

Pada tugas akhir ini telah dikembangkan salah satu fitur LBS ( Location Base Service ) , yaitu shortest path finder atau pencari rute terpendek, dengan pembuatan suatu aplikasi berbasis android yang bertujuan memberikan layanan berupa informasi lokasi kepada pengguna perangkat mobile di kawasan kampus Telkom University. Pada sistem kerja aplikasi ini pengguna dari perangkat mobile akan dideteksi posisinya oleh GPS yang terintegrasi pada aplikasi ini. Selanjutnya Pengguna perangkat mobile menentukan tempat yang diinginkan. Setelah itu aplikasi akan memberikan rute terpendek ketempat tujuan dari posisi pengguna perangkat mobile yang sebelumnya telah terdeteksi oleh GPS.

Hasil yang dicapai dalam tugas akhir ini terbentuknya aplikasi berbasis android yang dapat menentukan rute terpendek dengan algoritma Dijkstra dari suatu titik ke suatu titik tujuan yang telah ditentukan pada kawasan kampus Telkom University.

Kata kunci : LBS, Shortest Path, Android, Algoritma Dijkstra, GPS?

Subjek

APPLICATION PROGRAMS
 

Katalog

PERANCANGAN APLIKASI DAN IMPLEMENTASI PENCARIAN LOKASI TERDEKAT PADA FAKULTAS TEKNIK TELKOM UNIVERSITY BERBASIS ANDROID
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KEVIN PRATHAMA NUGRAHA
Perorangan
Bambang Hidayat, Leanna Vidya Yovita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini