Analisis dan Implemetasi Similiarity dengan Monolingual Alignment pada Kisah Nabi Musa dalam Kitab Agama Islam (Al-Qur’an) dan Kitab Agama Kristen (AlKitab)

WAHYU PURBANINGRUM

Informasi Dasar

17.04.1813
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam kitab agama, tertulis beberapa kisah nabi. Kisah nabi yang tertulis di satu kitab agama tertentu, beberapa juga tertulis di kitab agama lain serta memiliki kesamaan dan kemiripan. Sebagai contoh adalah kisah Nabi Musa antara kitab agama Islam yaitu Al-Qur’an dan kitab agama Kristen yaitu Injil atau yang sekarang sering disebut dengan Alkitab. Adanya kemiripan dan kesamaan dari beberapa kisah nabi yang tertulis dalam kedua kitab tersebut telah banyak menjadi topik bahasan ditengah masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan untuk menimbang dan melihat sisi kesamaan dan kemiripan kisah nabi yang termuat antara kedua kitab tersebut untuk mengetahui persamaan dan perbedaan kisah nabi yang tertulis didalamnya. Dengan menerapkan konsep kesamaan semantik antar teks, monolingual alignment dan natural languange processing akan dilakukan perbandingan kisah antara kedua kitab. Dalam penelitian ini, digunakan Kisah Nabi Musa sebagai dataset. Data masukan dalam tugas akhir ini adalah berupa pasangan ayat Al-Qur’an dan Alkitab mengenai kisah Nabi Musa dengan tingkat kemiripan berbeda-beda dan ada pula ayat yang tidak berpasangan dikarenakan tidak terdapat di dalam kitab yang berlawanan. Dataset didapatkan dari kisah Nabi Musa dari ayat-ayat Al-Qur’an dengan merujuk pada buku Kisah Nabi Tafsir Ibnu Katsir dan kisah Nabi Musa di Alkitab (buku Keluaran). Hasil dari penelitian adalah berupa nilai (angka) kemiripan dari penerapan metode monolingual alignment dan kemudian dibandingkan dengan gold standard yang telah dibuat yaitu kemiripan pasangan ayat yang dibangun secara manual dengan intuisi manusia yaitu sebesar. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai korelasi sebesar 0.8164 untuk perhitungan dengan single proportion dan 0.8167 untuk perhitungan dengan separate proportion. Sehingga,dengan hasil penelitian yang didapatkan diketahui bahwa kisah Nabi Musa antara Al-Qur’an dan Alkitab teridentifikasi memiliki similarity atau kemiripan.

Kata Kunci : kisah, Nabi Musa, kesamaan, kemiripan, monolingual alignment, gold standard

Subjek

Text mining
 

Katalog

Analisis dan Implemetasi Similiarity dengan Monolingual Alignment pada Kisah Nabi Musa dalam Kitab Agama Islam (Al-Qur’an) dan Kitab Agama Kristen (AlKitab)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHYU PURBANINGRUM
Perorangan
Moch. Arif Bijaksana, Said Al Faraby
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini