PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI POLA HIDUP SEHAT PADA ANAK

MUHAMAD ERIC EDYTA

Informasi Dasar

17.04.2009
005.12
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Masa anak-anak merupakan masa di mana terjadinya proses pertumbuhan dan perkembangan pada tubuh dalam berbagai aspek, di mana salah satunya merupakan aspek dalam interaksi sosial. Interaksi sosial menggunakan pemanfaatan teknologi dapat dilakukan dengan mudah menggunakan gadget, tanpa mempedulikan ruang dan waktu. Akan tetapi, tidak adanya pengendalian atas penggunaan gadget, dapat membuat anak-anak menjadi kecanduan dan memberikan beberapa dampak negatif, di antaranya hilangnya keinginan anak-anak untuk berinteraksi sosial secara langsung, di mana hal tersebut dapat memengaruhi sisi psikologis mereka. Selain itu kecanduan gadget dapat berdampak buruk pada pola hidup sehat mereka. Data yang digunakan terdiri atas sumber data primer (observasi dan wawancara) dan sumber data sekunder (studi kepustakaan). Data diolah menggunakan metode analisis matriks perbandingan visual. Berdasarkan hasil analisis, board game yang menarik harus ditunjang dengan mekanisme dan visualisasi yang baik. Agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, perlu ditanamkan pola hidup seperti pola makan, olahraga dan istirahat yang baik sejak kecil. Solusi dari masalah tersebut dapat dicapai dengan perancangan board game yang edukatif . Elemen-elemen board game seperti aturan, tujuan, masalah, pemain, prosedur, resources, boundaries dan outcome, dapat melatih aspek psikomotorik, emosional, moral, kognitif, seni dan bahasa anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Perancangan ini ditujukan untuk anak usia 7 sampai 13 tahun. Dengan dirancangnya board game ini, diharapkan anak-anak dapat memperoleh interaksi sosial yang cukup. Pemilihan tema kesehatan bertujuan agar anak-anak dapat menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian mereka, sehingga proses pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak menjadi tertunjang.

Kata Kunci: Perancangan, Board game, Pola hidup sehat, Anak

Subjek

DESIGN-MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI POLA HIDUP SEHAT PADA ANAK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD ERIC EDYTA
Perorangan
PATRA ADITIA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini