USULAN PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN AKTIVITAS DISTRIBUSI PULP DI PT XYZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMENUHAN PERMINTAAN SETIAP DISTRIBUTION CENTER MENGGUNAKAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING (DRP)

DESI NOVIANTI BR SEMBIRING

Informasi Dasar

17.04.2090
607.427
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ merupakan salah satu perusahaan industri yang bergerak dalam bidang pengolahan hasil hutan yang menghasilkan produk jadi berupa bubur kertas (pulp) dengan bahan baku utama kayu gelondongan eucalyptus. Luasnya daerah pemasaran PT XYZ yang mencakup skala internasional menuntut perusahaan tersebut untuk memiliki kemampuan dalam mengelola sistem distribusi produk dengan baik. PT XYZ memiliki masalah dengan aktivitas distribusinya dalam memenuhi permintaan setiap Distribution Center (DC). Hal ini mengindikasikan kinerja sistem distribusi perusahaan yang belum optimal. Dalam penelitian ini, disajikan konsep perencanaan dan pengendalian sistem distribusi dengan metode Distribution Resource Planning (DRP). Metode DRP adalah metode yang menangani pengadaan produk pada suatu jaringan distribusi sehingga dapat memenuhi permintaan menjadi lebih optimal. Penggunaan metode DRP memungkinkan perusahaan merancang sistem distribusi yang mengintegrasikan setiap Distribution Center, sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan pendistribusian produk. Pesanan yang didistribusikan sesuai dengan kebutuhan konsumen (tepat jumlah) serta biaya distribusi yang optimum. Hasil penelitian menunjukkan perbaikan yang dilakukan pada sistem distribusi perusahaan memperoleh hasil perencanaan dan pengendalian distribusi dengan lebih baik ketika menggunakan metode DRP dibandingkan dengan metode yang digunakan perusahaan sebelumnya. Peningkatan service level naik menjadi 96% dari kondisi aktual hanya sebesar 70% dan biaya pengadaan turun sebesar 20,82%.

Kata Kunci : Distribusi, Distribution Requirement Planning, Peramalan, Safety Stock

Subjek

Industrial engineering
 

Katalog

USULAN PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN AKTIVITAS DISTRIBUSI PULP DI PT XYZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMENUHAN PERMINTAAN SETIAP DISTRIBUTION CENTER MENGGUNAKAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING (DRP)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DESI NOVIANTI BR SEMBIRING
Perorangan
Ari Yanuar Ridwan, Rio Aurachman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IEG4F2 - TUGAS AKHIR 1
  • IEG4H4 - TUGAS AKHIR II
  • IEH2H3 - PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI
  • IEH4AF3 - PERANCANGAN, PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN SISTEM PERAKITAN
  • IEH4EH3 - ERP - PENJUALAN DAN DISTRIBUSI
  • IEI2K2 - PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini