PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PENCARIAN RUTE OPTIMAL UNTUK PEMADAM KEBAKARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION (Studi Kasus:Kota Bandung dan Sekitarnya)

IZZAT ARAMSYAH

Informasi Dasar

17.04.2123
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan status kota metropolitan, bandung tentu memiliki banyak permasalahan yang dihadapi. Semakin banyak warga yang tinggal dan menetap di bandung menyebabkan semakin padat dan minim lahan lapang. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah kebakaran di daerah padat penduduk. Banyak penyebab terjadinya kebarakan salah satunya adalah konseltin/arus pendek, bencana alam atau kelalaian manusia.
Ketika kebakaran terjadi pihak pemadam kebakaran harus cepat menuju lokasi kebakaran. Namun permasalahanya terkadang tidak diketahui situasi jalan yang akan dilewati. Bisa saja ketika terjadi kebakaran sedang terjadi kemacetan dan hambatan lainnya. Hal ini harus bisa dihindari pemadam kebakaran dan mencari jalur lain yang bebas hambatan guna tepat waktu menuju lokasi kebakaran. Dengan permasalahan yang ada, diperlukan sebuah solusi yaitu dengan sebuah aplikasi untuk mencari rute terbaik untuk mencapai lokasi. Dalam pencarian rute ini banyak hal yang diperhitungkan salah satunya adalah jarak menuju ke lokasi, memilih rute yang menghindari lokasi macet atau daerah padat dan memilih jalur yang terdapat sumber air seperti hydrant atau sungai untuk keperluan memadamkan api.
Dalam Tugas Akhir ini akan dibangun sebuah aplikasi berbasis android sehingga pengguna khususnya pemadam kebakaran akan dipermudah dalam mencari rute optimal dan informasi kemacetan. Dalam pencarian rute ini aplikasi menggunakan Algoritma Ant Colony Optimization. Pemilihan algoritma ini dikarenakan algoritma Ant Colony Optimization merupakan algoritma dapat digunakan dalam menyelesaikan permasalahan pencarian rute. KeyWord : Android, Ant Colony Optimization

Subjek

ANDROID
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PENCARIAN RUTE OPTIMAL UNTUK PEMADAM KEBAKARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION (Studi Kasus:Kota Bandung dan Sekitarnya)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IZZAT ARAMSYAH
Perorangan
Budhi Irawan, Casi Setianingsih
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CEG2A3 - PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
  • CEG2C3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
  • CEG3C3 - DESAIN BASIS DATA
  • CEG3F3 - APLIKASI MOBILE
  • KUG1A3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • CEG3G3 - KECERDASAN BUATAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini