Perancangan Aplikasi Monitoring dan Kendali Sistem Pada Sistem Keamanan Smarthome Berbasis Android

SOFIAN ARISSA PUTRA

Informasi Dasar

17.04.2129
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Maraknya kasus pencurian dan kebakaran yang terjadi di pemukiman warga seringkali terjadi karena kelalaian manusia. Dalam upaya mencegah dan meminimalisir kasus tersebut diperlukan sebuah alat pemantau keadaan dalam rumah. Sistem keamanan smarthome ini dirancang dengan menggunakan raspberry pi yang dilengkapi beberapa sensor. Sistem ini dapat membantu manusia untuk melakukan kontrol maupun memantau keadaan dalam rumah cukup melalui perangkat android.

Aplikasi pada perangkat android memiliki fungsi utama untuk melakukan pemantauan melalui fitur cam capture, kemudian melakukan kontrol lampu, kipas, dan mengunci pintu. Aplikasi ini juga dapat menerima notifikasi dari server FCM yang terintegrasi dengan webserver pada raspberry pi ketika pintu rumah terbuka, terdeteksi adanya asap, atau terdeteksi adanya gerakan dalam rumah.

Berdasarkan hasil pengujian, fungsionalitas aplikasi dapat berjalan dengan baik dengan tingkat keberhasilan 100% melalui pengujian blackbox. Aplikasi ini juga dapat menerima notifikasi dengan delay rata-rata 1,2 detik pada jaringan dengan bandwidth 10Mbps(Fiber Optic), dan 2.8detik pada jaringan dengan bandwidth 3.37Mbps(4G). Hasil pengujian qos terhadap respon _webserver pada beberapa fitur dalam aplikasi ini berada pada kategori sangat bagus dengan delay rata-rata tiap fitur kurang dari 150ms, dan memiliki nilai jitter yang bagus yakni berada pada rentang 1 sampai dengan 75ms. Namun untuk waktu eksekusi fitur cam capture memiliki delay untuk mendownload gambar dengan delay rata-rata 16.7 detik untuk file gambar berjumlah 30 buah dan 14.07 detik untuk file gambar berjumlah 10 buah dari webserver.

Kata kunci : monitoring, android, kebakaran, pencurian, smarthome

Subjek

Skripsi
 

Katalog

Perancangan Aplikasi Monitoring dan Kendali Sistem Pada Sistem Keamanan Smarthome Berbasis Android
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SOFIAN ARISSA PUTRA
Perorangan
Rumani, Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CEG2C3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
  • CEG311 - PRAKTIKUM SISTEM KOMPUTER II
  • CEG3F3 - APLIKASI MOBILE
  • CEG211 - PRAKTIKUM DASAR SISTEM KOMPUTER
  • CEG221 - PRAKTIKUM SISTEM KOMPUTER I
  • CEG321 - PRAKTIKUM SISTEM KOMPUTER III
  • CEG4D3 - INTERAKSI MESIN MANUSIA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini