Analisis Determinan Income Smoothing (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)

RIANA NILASARI

Informasi Dasar

17.04.2311
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan yang profit oriented pada umumnya menginginkan laba yang tinggi. Informasi laba dapat dipakai untuk mengestimasi kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba di masa yang akan datang, menafsir risiko dalam berinvestasi dan lain-lain. Apabila laba pada perusahaan berfluktuasi, maka ada kemungkinan bagi investor maupun calon investor menganggap bahwa perusahaan tersebut memiliki risiko yang tinggi, sehingga dapat menurunkan motivasi untuk melakukan investasi. Pihak manajemen dapat menjadikan income smoothing sebagai salah satu alternatif yang dapat dilakukan jika laba pada perusahaan tidak stabil.

Penelitian ini menggunakan dua jenis variabel, yaitu variabel independen (profitability, ukuran perusahaan, leverage dan kepemilikan asing) dan variabel dependen (income smoothing). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh profitability, ukuran perusahaan, leverage dan kepemilikan asing terhadap income smoothing perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) baik secara parsial maupun secara simultan.

Perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2013-2016 dipilih sebagai populasi penelitian. Teknik purposive sampling digunakan untuk pengambilan sampel dan diperoleh 13 perusahaan dengan kurun waktu empat tahun sehingga didapat 52 data yang diobservasi. Model analisis data dalam penelitian ini adalah regresi logistik dengan menggunakan software SPSS 23.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitability, ukuran perusahaan, leverage dan kepemilikan asing secara simultan berpengaruh terhadap income smoothing. Secara parsial, profitability berpengaruh positif terhadap income smoothing, sementara itu ukuran perusahaan, leverage dan kepemilikan asing secara parsial tidak berpengaruh terhadap income smoothing.

Agar terhindar dari income smoothing, perusahaan disarankan untuk mengawasi tingkat profitability perusahaan. Bagi investor, jika ingin berinvestasi pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI, sebaiknya memperhatikan rasio profitability perusahaan sebelum melakukan investasi karena perusahaan yang profitable cenderung terindikasi income smoothing.

Kata kunci: income smoothing, profitability, ukuran perusahaan, leverage, kepemilikan asing.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

Analisis Determinan Income Smoothing (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIANA NILASARI
Perorangan
Majidah, Siska Priyandani Yudowati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini