PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS TELKOM (STUDI KASUS FAKULTAS INFORMATIKA DAN FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI)

RIEZKA AMALIA FAOZIAH

Informasi Dasar

17.05.132
C
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Seiring dengan perkembangan teknologi, sistem pembelajaran di perguruan tinggi dewasa ini multi variasi. Salah satu perkembangan sistem pembelajaran di Indonesia adalah adanya hibridasi antara transfer kompetensi secara konvensional yang dilakukan dengan tatap muka dan proses pembelajaran tidak langsung melalui e-learning (blended learning). Beberapa perguruan tinggi telah mengadopsi dan mengukur kebermanfaatannya melalui kepuasan pengguna, yakni mahasiswa, termasuk kepuasan mahasiswa Universitas Telkom yang dibahas dalam penelitian ini. Terdapat lima variabel menurut Technology Acceptance Model (TAM) yang menjadi indikator pengaruh implementasi sistem pembelajaran e-learning terhadap kepuasan mahasiswa. Kelima variabel tersebut adalah kemudahan pengguna, bentuk, akurasi, kecepatan merespon, dan keamanan privasi. Dimensi kepuasan mahasiswa yang dibahas dalam penelitian ini adalah elemen performansi sistem dan interaksi dengan fasilitator atau dosen. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa yang aktif menggunakan e-learning dengan smester akademik 2016/2017 di 22 mata kuliah penerima hibah e-learning di Universitas Telkom. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa implementasi sistem pembelajaran e-learning dengan variabel kemudahan pengguna, bentuk, akurasi, kecepatan merespon, serta keamanan dan privasi, berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, dan berpengaruh signifikan terhadap variable kecepatan merespon serta keamanan privasi. Dengan demikian, item tersebut yang dapat diutamakan untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa. Kepuasan mahasiswa akan berdampak pada motivasi belajar serta prestasi akademik dalam perkuliahan. Dan prestasi akademik yang baik dari lulusan perguruan tinggi, berpotensi lebih besar dalam memberikan kontribusi positif bagi bangsa.

Kata kunci: e-learning, kepuasan mahasiswa, TAM, analisis jalur

Subjek

MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS TELKOM (STUDI KASUS FAKULTAS INFORMATIKA DAN FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIEZKA AMALIA FAOZIAH
Perorangan
Jafar Sembiring
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini