PENGARUH KOMUNITAS ONLINE TERHADAP EKUITAS MEREK (Studi Deskriptif Pada Komunitas Online di Instagram @indorunnersbdg Terhadap Brand Nike)

ARIQ IMRON

Informasi Dasar

17.04.2357
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Komunitas merupakan sekelompok orang yang memiliki kebiasaan, hobi, cara pandang, pola berfikir, dan idealism yang sama. Komunitas berfungsi bagi anggotanya untuk berkomunikasi dan memberikan atau menerima informasi dari anggota lain. Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi komunitas pun berkembang menjadi komunitas online. Komunitas online mempermudah para anggotanya untuk bertukar informasi tanpa adanya batasan waktu dan tempat. Anggota sebuah komunitas dapat lebih mudah menerima pesan produk dari sesama anggotanya. Dengan adanya interaksi antara anggota komunitas membuat banyak brand memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memasarkan brandnya agar lebih dikenal dan diketahui oleh banyak orang. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh komunitas online @indorunnersbdg pada instagram terhadap ekuitas merek NIKE. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode regresi linier sederhana. Populasi diambil dari followers yang aktif mengikuti kegiatan @indorunnersbdg, yang memiliki jumlah 3033 followers pada saat penelitian ini dilakukan dengan jumlah sample sebanyak 100 responden. Variabel bebas adalah komunitas online yang terdiri dari lima sub variable yaitu lingkungan atau tempat terjadinya komunikasi-interaksi, relasi diantara anggota terjadi dan dikelola secara elektronik, rasa kepemilikan atau kesadaran anggota sebagai bagian dari komunitas tersebut, struktur internal yang ada di komunitas, ruang simbolik yang saling berbagi yang di interprestasikan dengan adanya aturan, nilai, norma sampai pada ketertarikan. Variabel terikat adalah ekuitas merek dari brand NIKE. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner online kepada komunitas online @indorunnersbdg yang aktif mengikuti kegiatan rutin @indorunnersbdg. Dengan menggunakan metodue regresi linier sederhana, hasil perhitungan terhadap ekuitas merek NIKE di komunitas online @indorunnersbdg berada pada kategori baik, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari komunitas online ke ekuitas merek.

Kata Kunci : Komunitas Online, Pesan Produk, Ekuitas Merek

Subjek

BRAND EQUITY
 

Katalog

PENGARUH KOMUNITAS ONLINE TERHADAP EKUITAS MEREK (Studi Deskriptif Pada Komunitas Online di Instagram @indorunnersbdg Terhadap Brand Nike)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIQ IMRON
Perorangan
Dini Salmiyah Fitrhah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini