Pengaruh CEO Duality, Top Share, dan Kepemilikan Asing Terhadap Earning Management (Studi Kasus Pada Perusahaan Anggota Indeks LQ45 Periode 2013-2015)

MUHAMMAD NUGROHO RAMADHAN

Informasi Dasar

17.04.2383
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Prinsip-prinsip corporate governance dibutuhkan untuk mencapai tujuan, visi, dan misi perusahaan yang tetap memperhatikan pihak-pihak yang berkepentingan. Manajemen laba terjadi ketika manajer menggunakan pertimbangan dalam pelaporan keuangan dan membentuk transaksi untuk mengubah laporan keuangan dengan tujuan untuk memanipulasi besaran laba kepada stakeholders tentang kinerja ekonomi yang mendasari perusahaan atau untuk mempengaruhi hasil perjanjian yang tergantung pada angka-angka akuntansi yang dilaporkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh CEO Duality, Top share, dan Kepemilikan Asing Terhadap Earning Management. Dalam penelitian ini mekanisme Good Corporate Governance dinilai dengan CEO Duality, Top Share, dan Kepemilikan Asing. Dan untuk earning management dengan menggunakan perhitungan Discretionary accruals dari model modifikasi Jones. Populasi yang dipilih dalam penelitian adalah perusahaan yang tergabung dalam saham indeks LQ45 periode 2013 – 2015. Untuk sampel dipilih sebanyak 15 perusahaan yang menjadi anggota tetap saham indeks LQ45 periode 2013-2015. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan regresi data panel. Hasilnya dapat diketahui bahwa dari ketiga variabel tersebut, Kepemilikan Asing berpengaruh signifikan terhadap earning management. Hal ini bertolak belakang dengan beberapa penelitian sebelumnya yang menyebutkan kepemilkan asing tidak berpengaruh signifikan. Penelitian ini membuktikan bahwa kepemilikan asing dapat berpengaruh signifikan terhadap earning management. Dan secara simultan atau keseluruhan bahwa CEO Duality, Top Share, dan Kepemilikan Asing berpengaruh signifikan terhadap Earning Management.

Kata Kunci: Good corporate Governance, Discretionary accruals, CEO Duality, Top Share, Kepemilkan Asing.

Subjek

GOOD CORPORATE GOVERNANCE
 

Katalog

Pengaruh CEO Duality, Top Share, dan Kepemilikan Asing Terhadap Earning Management (Studi Kasus Pada Perusahaan Anggota Indeks LQ45 Periode 2013-2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD NUGROHO RAMADHAN
Perorangan
PALTI MT. SITORUS, ANISAH FIRLI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini