TWITTER SEBAGAI SARANA PENDUKUNG GERAKAN SOSIAL (STUDI KASUS PEMANFAATAN TWITTER OLEH AKUN @DWIKAPUTRA UNTUK MENGGALANG DANA DALAM KASUS IBU SAENI)

ROSI INTAN VALIANA MANALU

Informasi Dasar

17.04.2490
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan zaman globalisasi, internet mampu melahirkan suatu jaringan baru yang biasa disebut dengan media sosial. Pemanfaatan media sosial dewasa ini sangatlah berkembang. Tidak hanya sekedar sebagai eksistensi diri tetapi saat ini telah memanfaatkan media sosial khususnya twitter dalam menggalang sebuah donasi. Gerakan sosial telah mengalami pergeseran dari yang mulanya offline menjadi online. Twitter dianggap unggul dalam kecepatan mendistribusikan informasi sebagai pendorong orang untuk ikut berkontribusi dalam kasus Ibu Saeni ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial khususnya twitter dalam penggalangan dana ini sehingga dapat berjalan dengan sukses. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus deskriptif kualitatif yang berarti peneliti mendeskripsikan apa yang sebenarnya terjadi. Pengumpulan data dilakukan mulai dari wawancara mendalam dengan pihak penggalang dana dan beberapa donatur serta ditambah dengan fakta dan data yang telah dikumpulkan melalui studi pustaka dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa twitter dapat dimanfaatkan untuk menyebarluaskan penggalangan dana yang di inisiasi oleh Dwika Putra. Twitter secara cepat dapat mengalirkan informasi mengenai penggalangan dana dan mengajak masyarakat untuk berkontribusi memberikan donasi dengan respon yang sangat cepat juga. Kemampuan twitter ini juga didukung oleh faktor-faktor dari segi motif saling tolong menolong, momentum, sosok yang berpengaruh erat kaitannya dengan komunikator, serta fitur yang memudahkan di media sosial untuk membuat penggalangan dana ini viral.

Kata Kunci: Media Baru, Media Sosial, Pemanfaatan Twitter, Gerakan Sosial.

Subjek

CASE STUDIES
 

Katalog

TWITTER SEBAGAI SARANA PENDUKUNG GERAKAN SOSIAL (STUDI KASUS PEMANFAATAN TWITTER OLEH AKUN @DWIKAPUTRA UNTUK MENGGALANG DANA DALAM KASUS IBU SAENI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ROSI INTAN VALIANA MANALU
Perorangan
Arie Prasetio
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini