ANALISIS VALUASI NILAI PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) (Studi Kasus pada PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk. Tahun 2011-2015)

SYIFA HANA FAUZIYAH

Informasi Dasar

17.04.2519
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada tahun 2016, sub sektor restoran, hotel dan pariwisata yang termasuk kedalam lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum menghasilkan capaian PDB sebesar 4,94%. Bila dilihat dari kontribusinya terhadap PDB, lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum menyumbang sebesar 2,92% pada 2016. Laju pertumbuhan ini salah satunya disebabkan oleh peningkatan kunjungan wisatawan sebesar 10.405.947 pada tahun 2016. Peningkatan wisatawan menyebabkan pertumbuhan pada industri perhotelan/pariwisata. Dari 21 emiten yang terdaftar dalam sub sektor restoran, hotel dan pariwisata,terdapat 6 emiten yang mengalami penurunan pendapatan pada tahun 2015. Salah satu dari ke enam emiten tersebut adalah PT. Hotel Sahid Jaya International, Tbk. Pada tahun 2015, PT. Hotel Sahid Jaya International, Tbk mengalami penurunan pendapatan dan laba, walaupun demikian total aset dan total ekuitasnya mengalami peningkatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan valuasi nilai PT. Hotel Sahid Jaya International, Tbk. Nilai perusahaan ini dapat digunakan sebagai keputusan investor dalam berinvestasi, selain itu dapat digunakan oleh manajemen untuk melihat kinerja perusahannya dalam memaksimalkan kekayaan pemegang saham. VBM dapat menjadi kerangka untuk peningkatan nilai perusahaan, dalam analisis indikator kinerja dan korelasi, EVA mengukur kinerja internal sementara MVA mengukur kinerja eksternal. Apabila EVA positif, maka perusahaan sukses menciptakan nilai bagi pemegang saham dan sebaliknya. Sementara itu, MVA dalam kondisi 0 jika yang investor harapkan untuk didapat tidak lebih atau kurang dari cost of capital perusahaan. Itu menunjukkan nilai sama dengan invested capital. Dengan menggunakan metode EVA dan MVA, nilai perusahaan yang didapat adalah sebagai berikut: pada tahun 2011 nilai EVA negatif, nilai negatif menunjukkan bahwa PT. Hotel Sahid Jaya International, Tbk tidak sanggup membayarkan semua kewajibannya kepada shareholder atau kreditur seperti yang diharapkan atau ekspektasi return saham tidak dapat tercapai sedangkan dari tahun 2012-2015 PT. Hotel Sahid Jaya International, Tbk menghasilkan nilai positif yang menandakan kebalikannya. Untuk nilai MVA, PT. Hotel Sahid Jaya International, Tbk menghasilkan nilai negatif pada tahun 2011-2014 dan positif pada tahun 2015. Nilai positif menunjukkan bahwa terjadinya nilai tambah pasar. Berdasarkan hasil yang didapat, bagi investor PT. Hotel Sahid Jaya International, Tbk dapat dijadikan salah datu pilihan untuk berinvestasi karena mampu menghasilkan nilai EVA dan MVA yang positif pada tahun 2015. Sedangkan bagi perusahaan, EVA dan MVA dapat diaplikasikan dalam laporan keuangan agar dapat digunakan bagi investor dalam menentukan keputusan investasi serta dapat dijadikan ukuran dalam melihat nilai perusahaan. Perusahaan akan baik apabila nilai EVA dan MVA meningkat.

Kata Kunci: EVA, MVA, nilai perusahaan

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

ANALISIS VALUASI NILAI PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) (Studi Kasus pada PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk. Tahun 2011-2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYIFA HANA FAUZIYAH
Perorangan
Muhammad Azhari, Tieka Trikartika Gustyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini