PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNING SYSTEM PADA PROSES ACCOUNTING GENERAL LEDGER MENGGUNAKAN SAP DENGAN METODE ASAP DI PT LEN INDUSTRI (PERSERO)

ANISA IKA GOLDENINGTYAS

Informasi Dasar

17.04.2549
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Len Industri (Persero) merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berada dibawah koordinasi Kementerian Negara BUMN dengan kepemilikian saham 100% oleh Pemerintah Republik Indonesia. Untuk meningkatkan produktivitas perusahaan maka PT Len membutuhkan peningkatan dengan penerapan sistem informasi. Enterprise Resource Planning merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk membantu memberikan fasilitas dalam mengintegrasikan antar sistem yang terkait satu sama lainnya serta mengoptimalkan proses bisnis dalam perusahaan. ERP menjadi hal yang wajib dipertimbangkan saat ini oleh perusahaan karena terkait semakin cepatnya kebutuhan informasi yang menuntut perusahaan harus semakin update terhadap teknologi yang ada. Dalam lingkup perusahaan pasti terdapat beberapa divisi yang tentunya memilliki aktivitas yang berbeda-beda. Pada PT Len peneliti melihat adanya kebutuhan integrasi suatu divisi, yaitu integrasi pada Divisi atau Bagian Akutansi. Peneliti menganalisis bahwa Bagian Akutansi PT Len masih menggunakan aplikasi atau teknologi dasar yang belum terintegrasi khususnya antar setiap bagian spesialis jurnal terkait. Peneliti memahami bahwa penting untuk Bagian Akutansi melakukan improve sistem untuk menunjang financial perusahaan, karena menjadi bagian paling berpengaruh dan crucial karena dari hal tersebut citra dan kinerja perusahaan dapat terlibat terutama untuk kepercayaan investor dalam menanamkan modalnya pada perusahaan. Untuk itu peneliti melakukan penelitian terhadap permasalahan tersebut dengan melakukan penelitiaan yang menghasilkan usulan rancangan sistem SAP ERP yang mengutamakan integrasi terhadap bagian-bagian terkait khususnya dengan bagian General ledger. Dalam penelitian ini metodologi pengembangan sistem ERP yang digunakan adalah metodology ASAP (Accelerated SAP) sesuai dengan penelitian ini yang menggunakan sistem SAP serta ASAP itu sendiri banyak digunakan dalam worldwide market dari sistem SAP ERP khususnya. Kata Kunci : ERP, general ledger, ASAP, SAP

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNING SYSTEM PADA PROSES ACCOUNTING GENERAL LEDGER MENGGUNAKAN SAP DENGAN METODE ASAP DI PT LEN INDUSTRI (PERSERO)
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANISA IKA GOLDENINGTYAS
Perorangan
R. WAHJOE WITJAKSONO, MARIA DELLAROSAWATI IDAWICAKSAKTI
INDONESIA

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR
  • ISG4E3 - ERP AKUNTANSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini