PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERATAAN LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2013 – 2015)

HENDRO SUSILO

Informasi Dasar

17.04.2582
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perataan laba merupakan upaya manajemen dalam suatu perusahaan untuk menjaga stabilitas laba yang dihasilkan perusahaan. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian dari investor, dimana diyakini bahwa fokus utama investor dalam menentukan keputusan investasinya kerap kali didasarkan pada profit yang dihasilkan oleh perusahaan. Laba perusahaan yang stabil menggambarkan bahwa perusahaan memiliki kelangsungan usaha yang baik. Hal inilah yang mendorong perusahaan untuk melakukan perataan laba. Perataan laba dilakukan dengan cara menunda atau mempercepat informasi keuangan perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan secara parsial variabel profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap variabel perataan laba pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013 – 2015. Penelitian ini bersifat deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Metode dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling yang memperoleh 59 sampel penelitian dalam kurun waktu 3 tahun sehingga didapat 177 unit sampel perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013 – 2015. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS 23.0. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh secara simultan yang signifikan terhadap perataan laba. Dimana variabel profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan dapat menjelaskan atau mempengaruhi variabel perataan laba sebesar 10%, sedangkan sisanya 90% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Berdasarkan pengujian secara parsial, didapatkan hasil bahwa variabel leverage yang diproksikan dengan Debt to Total Asset Ratio (DAR) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perataan laba, sedangkan profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA) berpengaruh signifikan terhadap perataan laba dengan arah positif dan ukuran perusahaan yang di proksikan dengan logaritma natural dari total aset berpengaruh signifikan terhadap perataan laba dengan arah negatif.

Kata kunci: Leverage, Perataan laba, Profitabilitas, Ukuran perusahaan

Subjek

FINANCIAL RATIOS-FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERATAAN LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2013 – 2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HENDRO SUSILO
Perorangan
Deannes Isynuwardhana, Vaya Juliana Dillak
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini