PERANCANGAN SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MODUL EMPLOYEE MANAGEMENT DAN TIME MANAGEMENT BERBASIS ODOO 8 DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT PADA PT. XYZ

GITA RIESTA

Informasi Dasar

17.04.2599
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sebuah sistem informasi yang dapat menyatukan seluruh departemen dan fungsi yang ada pada sebuah perusahaan. Enterprise Resource Planning (ERP) dapat memenuhi kebutuhan dari setiap departemen tersebut sehingga masing-masing departemen dapat mengetahui adanya suatu masalah yang terjadi di dalam suatu perusahaan tersebut. Menggunakan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dapat meningkatkan kinerja perusahaan dengan mempercepat semua proses dan dapat memberikan keuntungan pada perusahaan. Berdasarkan pengertian mengenai Enterprise Resource Planning (ERP) pada penelitian kali ini akan dilakukan suatu analisis serta perancangan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) pada PT. XYZ.

PT. XYZ merupakan sebuah perusahaan nasional yang bergerak di bidang manufaktur dan distribusi minuman. PT. XYZ memproduksi berbagai macam minuman yang berbahan dasar teh dan memiliki berbagai macam bentuk kemasan yaitu kemasan gelas dan kemasan botol serta minuman isotonik. Pada PT. XYZ bagian kepegawaian memiliki beberapa status berbeda yaitu karyawan bulanan dan karyawan harian dengan total jumlah karyawan sebesar 550 orang. PT.XYZ memiliki permasalahan pada bagian Personal Administration Departemen Human Resource Development yang belum terhubung antara data bagian pendataan dengan data lainnya dikarenakan data yang ada di dalamnya belum terintegrasi sehingga menyebabkan adanya kesalahan data yang diterima. Pengolahan data riwayat hidup yang dilakukan belum tersusun dengan benar karena adanya penumpukan data karyawan lama dan data karyawan baru. Data yang disimpan tidak tersusun, yang jika terdapat perubahan dalam data karyawan tersebut harus mencari berkas pada tumpukan dan menghubungi Departemen Human Resource Development untuk mengganti data tersebut. Selain pencatatan berkas riwayat hidup yang masih kurang, terdapat pula masalah yang dihadapi pada bagian pengajuan izin kerja yang tidak tertulis dengan benar.

Dalam kasus yang sama bahwa pada pengajuan izin kerja mengalami banyak tahapan dimulai dari proses pengajuan sampai dengan konfirmasi oleh supervisor. Sering adanya kesalahan dalam proses pengajuan izin kerja yang tidak terdokumentasi. Berdasarkan permasalahan yang ada pada PT. XYZ ini, memerlukan adanya teknologi yang dapat membantu permasalahan yang dihadapi oleh bagian Personal Administration dan Time Management pada PT. XYZ. Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dapat membantu dalam pengelolaan data karyawan serta pencatatan izin kerja dengan teratur. Oleh karena itu, jika sistem Enterprise Resource Planning (ERP) digunakan pada Departemen Human Resource Development dapat membantu sebuah perusahaan memaksimalkan informasi yang didapat dari Departemen lain ataupun pada Departemen Human Resource Development itu sendiri. Pada penelitian kali ini akan diterapkan menggunakan software ERP yang bersifat opensource yaitu Odoo.8.0.

Odoo merupakan software OpenERP yang mempunyai desain lengkap jika dibandingkan dengan OpenERP lainnya. Odoo sering disebut juga sebagai sebuah paket aplikasi yang digunakan dalam dunia bisnis. Kelebihan dari odoo sendiri yaitu dapat menghindari redudansi data yang akan di masukkan dalam sistem. Untuk metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode Rapid Application Development (RAD). Rapid Application Development (RAD) merupakan salah satu metode yang digunakan oleh sistem informasi untuk mengembangkan dengan waktu yang terbilang singkat. Rapid Application Development (RAD) diimplementasikan jika para pengguna ingin mengembangkan sistem. Seperti yang dijelaskan pada permasalahan yang dihadapi oleh Departemen Human Resource Development PT. XYZ. Metode Rapid Application Development (RAD) memiliki tahapan yaitu requirements planning, RAD design workshop dan implementation. Keuntungan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) ialah pengembangan dapat dilakukan secara fleksibel karena proses desain akan diulang pada saat yang sama sesuai dengan proses yang ada pada PT. XYZ.

Dengan diterapkannya pengembangan dari konsep ERP pada modul Human Resource bagian Employee Directory berbasis Odoo 8.0 diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan pada setiap proses bisnis yang berjalan pada PT.XYZ dengan menghadirkan pencatatan daftar riwayat hidup serta pengajuan cuti yang tersusun dan terintegrasi dengan baik.

Kata Kunci : ERP, Odoo 8.0, Human Resource, Employee Directory, RAD

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MODUL EMPLOYEE MANAGEMENT DAN TIME MANAGEMENT BERBASIS ODOO 8 DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT PADA PT. XYZ
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GITA RIESTA
Perorangan
RACHMADITA ANDRESWARI, UMAR YUNAN KURNIA SEPTO HEDIYANTO
INDONESIA

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IS3213 - ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
  • ISG2F3 - MANAJEMEN PROSES BISNIS
  • ISG4A3 - TATA TULIS DAN KOMUNIKASI ILMIAH
  • IEG3C3 - SISTEM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR
  • ISH1A3 - PENGANTAR SISTEM INFORMASI
  • ISI1B3 - PENGANTAR SISTEM INFORMASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini