PERBANDINGAN PENCIPTAAN NILAI PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH PEMISAHAN BISNIS MENGGUNAKAN METODA ECONOMIC VALUE ADDED (STUDI KASUS PADA PT INFRASTRUKTUR TELEKOMUNIKASI INDONESIA DAN PT DAYAMITRA TELEKOMUNIKASI)

Didik Harianto

Informasi Dasar

17.05.136
C
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

ABSTRAK

Salah satu upaya yang dilakukan perusahaan untuk mengembangkan usahanya adalah dengan melakukan pemisahan bidang usahanya menjadi perusahaan baru yang secara khusus mengelola portofolio bisnis tersebut. PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia (Telkom Infra) merupakan anak perusahaan dari PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) yang dibentuk untuk secara khusus mengembangkan portofolio usaha Managed Service, yang sebelumnya portofolio ini merupakan bagian dari PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel).

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk membandingan penciptaan nilai yang terjadi sebelum dan sesudah pemisahan bisnis Managed Service pada studi kasus Telkom Infra dan Mitratel. Pembandingan dilakukan dengan melakukan pengukuran Economic Value Added (EVA) Mitratel sebelum pemisahan dengan EVA Mitratel dan Telkom Infra setelah terjadinya pemisahan bisnis.

Hasil penelitian dapat dimanfaatkan untuk memberikan informasi kepada Telkom, Mitratel dan Telkom Infra mengenai hasil pengukuran menggunakan EVA dan sekaligus sebagai umpan balik atas keputusan yang telah dibuat oleh Telkom dalam memisahkan sebagian bisnis infrastruktur dengan mendirikan Telkom Infra. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memperkaya khasanah penelitian mengenai pengukuran kinerja keuangan perusahaan menggunakan metoda EVA, khususnya dalam bisnis telekomunikasi

Kata kunci : Economic Value Added (EVA), Pengukuran Kinerja Perusahaan

Subjek

FINANCIAL PERFORMANCE
 

Katalog

PERBANDINGAN PENCIPTAAN NILAI PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH PEMISAHAN BISNIS MENGGUNAKAN METODA ECONOMIC VALUE ADDED (STUDI KASUS PADA PT INFRASTRUKTUR TELEKOMUNIKASI INDONESIA DAN PT DAYAMITRA TELEKOMUNIKASI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Didik Harianto
Perorangan
Riko Hendrawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • MMPA16 - TESIS
  • ELI2H6 - TESIS
  • EMI2H6 - TESIS
  • CII733 - TESIS
  • TTI7Z4 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini