PENGARUH FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI TERHADAP INTENSI KNOWLEDGE SHARING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KNOWLEDGE SHARING KARYAWAN DI PT. TELKOM DIVRE 3 JAWA BARAT

HENDI KURNIA

Informasi Dasar

17.05.147
C
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Kecenderungan karyawan PT. Telkom pada umumnya dalam berbagi pengetahuan (knowledge sharing) menurun dari tahun 2013 sampai dengan 2016. Hal ini bila terus terjadi pada tahun berikutnya akan mengakibatkan tidak terpenuhinya tujuan knowledge sharing di lingkungan perusahaan. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa keinginan karyawan untuk berbagi pengetahuan dengan karyawan lainnya dipengaruhi oleh niat (intensi) karyawan itu sendiri dalam berbagi pengetahuan. Niat dipengaruhi oleh variabel motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik. Pengaruh faktor intrinsik diantaranya terkait dengan komitmen (commitment) serta kesenangan untuk menolong rekan kerja (enjoyment in helping others), sementara faktor ekstrinsik meliputi reputasi (reputation) serta benefit dari perusahaan (organizational rewards). Penelitian ini besifat kausal yang meneliti hubungan antar variabel terkait motivasi yang mendorong keinginan karyawan untuk berbagi pengetahuan yang berdampak pada perilaku karyawan dalam melakukan berbagi pengetahuan. Objek penelitian adalah karyawan PT. Telkom Regional 3, yang merupakan salah satu divisi operasional PT. Telkom dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 102 karyawan. Motivasi intrinsik commitment, enjoyment in helping others, berpengaruh terhadap intensi knowledge sharing karyawan PT. Telkom Regional 3 Jawa Barat. Sedangkan motivasi ekstrinsik reputasi dan rewards tidak berpengaruh terhadap intensi knowledge sharing. Sistem manajemen pengetahuan di Telkom belum terbentuk budaya berbagi yang menghasilkan reputasi dan memformalkan bentuk rewards dalam Knowledge Sharing. Intensi knowledge sharing berpengaruh positif terhadap Perilaku knowledge sharing. Pengaruh sifatnya positif, di mana keinginan atau intensi untuk berbagi pengetahuan yang kuat dapat berdampak pada semakin baiknya perilaku berbagi pengetahuan tersebut.

Kata kunci : motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, intensi, perilaku, berbagi pengetahuan, pengaruh

Subjek

Human resources management
 

Katalog

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI TERHADAP INTENSI KNOWLEDGE SHARING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KNOWLEDGE SHARING KARYAWAN DI PT. TELKOM DIVRE 3 JAWA BARAT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HENDI KURNIA
Perorangan
ADE IRMA SUSANTY
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini