PROSES PERNIKAHAN MAHASISWA DALAM MASA STUDI (Studi Fenomenologi Pola Komunikasi Proses Pernikahan Mahasiswa di Bandung)

MUHAMMAD ARDY ZULFIKAR

Informasi Dasar

17.04.2805
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses pernikahan mahasiswa yang melakukan pernikahan di dalam masa studinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi antarpribadi serta pola komunikasi yang digunakan dalam proses pernikahan mahasiswa dalam masa studi khususnya di Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivis dan menggunakan pendekatan penelitian fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semiterstruktur dengan jumlah informan kunci sebanyak 6 orang. Di dukung dengan informan pendukung sebanyak 2 orang.
Berdasarkan hasil penelitian komunikasi antarpribadi yang terjadi antara informan dan pasangnannya membentuk pola yang sama yaitu ta’aruf, khitbah, dan akad yang merupakan ritual pernikahan yang dilakukan sesuai dengan syariat islam, dan pola komunikasi ini terjadi akibat dari pengaruh komunikasi kelompok dan lingkungan informan, pengaruh kelompok terhadap perilaku informan ini disebut konformitas. Kesimpulan penelitian ini, proses pernikahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam masa studi dilakukan dengan menggunakan proses ritual pernikahan yang sesuai syariat agama islam yang dipengaruhi oleh komunikasi kelompok dan lingkungan.

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

PROSES PERNIKAHAN MAHASISWA DALAM MASA STUDI (Studi Fenomenologi Pola Komunikasi Proses Pernikahan Mahasiswa di Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ARDY ZULFIKAR
Perorangan
ASAAS PUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini