PERANCANGAN SOP MONITORING PENGAJARAN GURU BERDASARKAN ISO 9001:2015 KLAUSUL 8.5.1 DAN KLAUSUL 9.1.1 DENGAN MEMPERTIMBANGKAN RISIKO MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT DI SMK TELKOM

MUHAMAD IHSAN FAUZI

Informasi Dasar

17.04.2931
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berdasarkan data nasional, menunjukkan angka pengangguran dari lulusan SMK cukup merisaukan. Per tahun 2012, 40 persen pengangguran yang ada di Indonesia berasal dari lulusan SMK. Dari hasil survei yang dilakukan Asian Development Bank, hal tersebut terjadi karena lulusan SMK tidak memenuhi harapan pihak penyedia lapangan pekerjaan, oleh karena itu SMK Telkom Bandung harus menjaga dan meningkatkan kualitas lulusan SMK sehingga dapat memenuhi kebutuhan lapangan kerja yang ada. ISO 9001:2015 merupakan standar internasional yang dapat di implementasikan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas perusahaan. Penerapan standar ISO 9001:2015 dapat meningkatkan keefektifan dalam penerapan sistem manajemen mutu pada proses yang berpengaruh yaitu kegiatan belajar yang belum sesuai karena tidak adanya pemantauan dalam memastikan output yang tidak lain adalah lulusan SMK. Penilitian ini berfokus pada perancangan proses monitoring pengajaran guru berdasarkan ISO 9001:2015 klausul 8.5.1 dan klausul 9.1.1 tentang Pelaksanaan produksi dan layanan dan Pemantauan, pengukuran, analisa dan evaluasi umum . Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa profil, struktur, deskripsi kerja, visi dan misi, data potensi risiko, proses bisnis aktual dan objektif dari perusahaan. Sedangkan untuk memenuhi requirement, data yang digunakan adalah requirement ISO 9001:2015 klausul 8.5.1 dan klausul 9.1.1, teori pemantauan, dan teori sumber daya. Data proses bisnis aktual dan requirement diolah sehingga didapatkan hasil gap dan usulan dari hasil gap tersebut, sedangkan data potensi risiko dilakukan risk assesment sehingga didapatkan risk register. Hasil perancangan proses yang telah di rancang kemudian dilakukan perbaikan menggunakan metode business process improvement pada tahap apply improvement technique. Tahap ini dilakukan analisis value added terhadap aktivitas-aktivitas yang ada pada proses dan diberikan usulan menggunakan tools yang terdapat pada improvement technique wheel. Penelitian ini menghasilkan usulan proses monitoring pengajaran guru di SMK Telkom Bandung. Proses monitoring tersebut dibuat dalam bentuk SOP yang dapat digunakan sebagai panduan pelaksanaan monitoring dan sebagai dokumentasi kegiatan monitoring. Penelitian ini juga menghasilkan usulan deskripsi kerja, spesifikasi kerja untuk bagian manajemen mutu. Untuk mengefisiensikan proses monitoring pengajaran guru, dibuat aplikasi berbasis web yang dapat memberikan informasi sumberdaya untuk keperluan guru kepada siswa dan sebagai media penyimpan dokumentasi monitoring dengan menggunakan joget workflow

Subjek

QUALITY MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN SOP MONITORING PENGAJARAN GURU BERDASARKAN ISO 9001:2015 KLAUSUL 8.5.1 DAN KLAUSUL 9.1.1 DENGAN MEMPERTIMBANGKAN RISIKO MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT DI SMK TELKOM
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD IHSAN FAUZI
Perorangan
SRI WIDANINGRUM, HERIYONO LALU
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini