PERANCANGAN KEBUTUHAN LAYANAN CALYSTA SKIN CARE CLINIC DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI MODEL KANO DAN SERVQUAL

GHYNA NUR FAJRIANTI

Informasi Dasar

17.04.2968
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bisnis di bidang klinik kecantikan adalah salah satu bisnis yang sedang populer di masa kini. Salah satu klinik kecantikan yang muncul yaitu Calysta Skin Care Clinic. Dengan banyaknya pesaing yang bermunculan Calysta Skin Care Clinic harus mampu bersaing dan mendapatkan pangsa pasarnya. Namun, jumlah pasien Calysta Skin Care Clinic dalam setahun terakhir tidak pernah mencapai target. Adanya masalah dari layanan Calysta Skin Care Clinic membuat pihak klinik Calysta perlu mengidentifikasi kebutuhan layanan yang sesuai bagi pasien.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi 27 atribut kebutuhan pasien berdasarkan hasil wawancara terhadap pasien Calysta Skin Care Clinic. SERVQUAL digunakan untuk mengukur kepuasan pasien terhadap layanan yang ada sehingga dapat diidentifikasi atribut mana saja yang menjadi kelemahan. Selain itu, penelitian ini juga dapat mengetahui pengaruh masing-masing atribut terhadap tingkat kepuasan berdasarkan pengelompokan atribut kedalam kategori Kano. Kemudian dengan integrasi model Kano dan SERVQUAL menghasilkan rekomendasi atribut kebutuhan yang perlu diprioritaskan dalam perbaikan dan mengembangan layanan Calysta Skin Care Clinic.

Berdasarkan hasil integrasi model Kano dan SERVQUAL didapatkan 12 atribut kebutuhan yang merupakan atribut yang perlu ditingkatkandan dikembangkan performansinya dengan mempertimbangkan tingkat kepuasan dan pengaruh masing-masing atribut terhadap kepuasan pasien.

Kata kunci : Klinik Kecantikan, Model Kano, SERVQUAL, True Customer Needs, Analisis kebutuhan

Subjek

MARKETING ENGINEERING
 

Katalog

PERANCANGAN KEBUTUHAN LAYANAN CALYSTA SKIN CARE CLINIC DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI MODEL KANO DAN SERVQUAL
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHYNA NUR FAJRIANTI
Perorangan
SARI WULANDARI, IKA ARUM PUSPITA
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IE2823 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • IEGCA3 - STRATEGI PEMASARAN
  • IEH4FD3 - RISET PEMASARAN
  • IEH4FB3 - MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
  • IEI5H3 - RISET PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini