RANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN DI ASRAMA UNIVERSITAS TELKOM DENGAN DIMENSI SERVICE QUALITY DAN MATRIKS HOQ (HOUSE OF QUALITY)

YIYIP GUNTA TRIWIBAWA

Informasi Dasar

17.04.3046
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Universitas Telkom menyediakan asrama bagi mahasiswa baru sebagai tempat tinggal dan tempat pembinaan kepribadian selama satu tahun pertama. Layanan Asrama Universitas Telkom dimulai dari tahap registrasi hingga masa huni, dan masih terdapat keluhan mengenai layanan yang kurang memuaskan. Kualitas layanan dapat dievaluasi dengan menggunakan dimensi service quality, yaitu: reliability, responsiveness, tangible, empathy, dan assurance. Perbaikan terus menerus diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan, agar tujuan akhir dari pengadaan asrama tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan Asrama Universitas Telkom dengan dimensi service quality, serta membuat rancangan perbaikan kualitas yang selama ini diberikan oleh asrama dengan menggunakan matriks HoQ (House of Quality). Metode pengambilan data adalah menggunakan kuesioner pada 245 mahasiswa penghuni asrama dari Fakultas Rekayasa Industri yang diambil secara random sampling. Dilakukan pengolahan data kuesioner untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kepentingan penghuni asrama, lalu dianalisis dengan matriks HoQ yang terdiri dari voice of customers, technical descriptors, relationship matrix, correlation matrix, prioritized voice of customer, dan prioritized technical descriptor. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa tidak puas terhadap kualitas layanan Asrama Universitas Telkom berdasarkan 5 dimensi service quality, dan terdapat 10 technical descriptors yang harus difokuskan sebagai rancangan perbaikan kualitas layanan di Asrama Universitas Telkom berdasarkan matriks HoQ.

Kata Kunci— asrama, house of quality, service quality

Subjek

TOTAL QUALITY MANAGEMENT
 

Katalog

RANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN DI ASRAMA UNIVERSITAS TELKOM DENGAN DIMENSI SERVICE QUALITY DAN MATRIKS HOQ (HOUSE OF QUALITY)
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YIYIP GUNTA TRIWIBAWA
Perorangan
LUCIANA ANDRAWINA, RAYINDA PRAMUDITYA SEOSANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IE4424 - TUGAS AKHIR
  • IEH3H2 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • IEI3B2 - MANAJEMEN PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini