Rekomendasi Perancangan User Interface Pada Website Pariwisata Indonesia Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Kementerian Pariwisata Republik Indonesia)

ARDHIAN AGUNG PRASETYO

Informasi Dasar

17.04.3106
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Indonesia terkenal dengan bidang pariwisatanya di dunia internasional. Pariwisata di Indonesia menyumbang 13.9 % bagi pendapatan perkapita nasional. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia berperan aktif dalam mempromosikan pariwisata Indonesia ke luar negeri salah satunya dengan menggunakan media berupa website resmi pariwisata Indonesia. Pada website pariwisata Indonesia milik KEMENPAR memuat informasi tentang pariwisata di Indonesia secara mendetail. Namun, masih ditemukan kekurangan pada hal user interface website. Berdasarkan penelitian sebelumnya ditemukan permasalahan berupa halaman yang kurang terstruktur. Pada penelitian lain juga menemukan permasalahan pada user interface website pariwisata Indonesia. Permasalahan yang didapat menurut responden pada penelitian tersebut adalah desain yang kurang memorable, navigasi yang kurang terstruktur dan tidak ada konten utama pada halaman beranda yang menawarkan informasi penting. Pada hasil pengujian usability, website pariwisata Indonesia masih memiliki nilai usability yang rendah. Sehingga bisa disimpulkan website pariwisata Indonesia masih memiliki user interface yang kurang dan belum memenuhi unsur usability, karena itu perlu dirancang rekomendasi user interface website pariwisata Indonesia yang memfokuskan pada kebutuhan yang berpusat pada pengguna dari website pariwisata Indonesia.Dari hasil pengujian dihasilkan sebuah rekomendasi user interface website pariwisata Indonesia menggunakan metode User Centered Design yang dapat memenuhi kebutuhan dari pengguna serta telah memenuhi nilai usability pada website pariwisata dengan telah memperbaiki permasalahan pada usability dan meningkatkan nilai usability pada website pariwisata Indonesia. Selain itu, nilai usability yang didapat dengan User Centered Design dan metode pengujian usability QUIM (Quality in Use Integrated Measurement) adalah sebesar 67.3% atau mengalami peningkatan sebesar 13.10% dari nilai awal pengujian usability sebesar 59.5%. Kata Kunci: Website, Pariwisata, User Interface, User Centered Design, Usability, QUIM (Quality In Use Integrated Measurement)

Subjek

USER INTERFACES
 

Katalog

Rekomendasi Perancangan User Interface Pada Website Pariwisata Indonesia Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Kementerian Pariwisata Republik Indonesia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARDHIAN AGUNG PRASETYO
Perorangan
DANANG JUNAEDI, EKO DARWIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini