PERANCANGAN POSITIONING CALYSTA SKIN CARE CLINIC BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING

ANNISA PUSPA SARI

Informasi Dasar

17.04.3119
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Calysta Skin Care Clinic merupakan salah satu klinik kecantikan yang tersebar di kota Bandung. Saat ini, Calysta Skin Care Clinic memiliki beberapa gejala permasalahan. Gejala permasalahan tersebut diantaranya awareness pengguna skin care terhadap merek Calysta Skin Care Clinic, rendahnya tingkat diferensiasi brand Calysta Skin Care Clinic dibandingkan dengan brand lain dan rendahnya penjualan. Melalui gejala permasalahan tersebut maka dapat disimpulkan bahwan brand Calysta Skin Care Clinic lemah. Salah satu upaya untuk membangun competitive differentiation tersebut yaitu dengan melakukan strategi positioning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui positioning Calysta Skin Care Clinic diantara kompetitornya di Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah multidimensional scaling yang akan menghasilkan perceptual map. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini adalah merek, brand image, lokasi, cabang, harga, promosi, dokter, terapis, pelayanan, fasilitas ruang tunggu, fasilitas ruang perawatan, mutu bahan, komposisi, inovasi, packaging, jenis treatment, teknologi, brand endorsement dan review. Populasi penelitian ini adalah pengguna klinik kecantikan. Sampel penelitian ini berjumlah 240 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling (non probability sampling). Melalui perceptual mapping menghasilkan empat kelompok persaingan yang dibagi ke dalam empat wilayah. Calysta Skin Care Clinic menempati wilayah yang sama dengan Airin Aesthetetic Clinic dan MD Clinic by LaZeta Skin. Pesaing utama dari Calysta Skin Care Clinic yaitu Airin Aesthetic Clinic. Pada penelitian ini MD Clinic by LaZeta Skin menempati posisi paling unggul pada wilayah ini dan dijadikan acuan untuk penyusunan perbaikan posisi Calysta Skin Care Clinic dengan keunggulan yang dimiliki Calsyta Skin Care Clinic adalah cabang. Perbaikan posisi Calysta Skin Care Clinic bedasarkan atribut yang menjadi kelemahan Calysta Skin Care Clinic namun atribut tersebut akan menunjang tujuan yang ingin dicapai oleh Calysta Skin Care Clinic. Calysta Skin Care Clinic memposisikan dirinya dengan menonjolkan atribut harga, mutu bahan dan komposisi produk. Strategi positioning dapat dilakukan pada atribut harga, mutu bahan dan komposisi untuk memenangkan persaingan. Kata Kunci: Positioning, Klinik Kecantikan, Perceptual Mapping dan Multidimensional Scaling.

Subjek

MARKETING ENGINEERING
 

Katalog

PERANCANGAN POSITIONING CALYSTA SKIN CARE CLINIC BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA PUSPA SARI
Perorangan
SARI WULANDARI, IKA ARUM PUSPITA
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4FA3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
  • IEH4FC3 - STRATEGI PEMASARAN
  • IEH4FD3 - RISET PEMASARAN
  • IEH4FB3 - MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
  • IEI4Q3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
  • IEI5H3 - RISET PEMASARAN
  • IEI5R3 - STRATEGI PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini