PERANCANGAN SOP SURVEI INTERNAL (PENGUKURAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN) DI UNIVERSITAS TELKOM BERDASARKAN ISO 9001:2015 KLAUSUL 9.1 DENGAN MEMPERTIMBANGKAN RISIKO DAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT

RADIFAN AHMAD HASBI

Informasi Dasar

17.04.3121
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Universitas Telkom Telkom University (disingkat Tel-U) merupakan penggabungan dari beberapa institusi yang berada dibawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) yaitu IT Telkom, IM Telkom, Poltek Telkom dan STISI Telkom. Tel-U mengkhususkan program studinya pada bidang “Information and Communications Technologies, Management and Creative Industries” sebagai jawaban atas tuntutan perkembangan industri TIK yang begitu pesat. Dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan Borang AIPT diharapkan dapat membantu universitas dalam menjaga dan meningkatkan mutunya serta kepuasan para stakeholder, terutama mahasiswa yang merupakan konsumen primer.

Penelitian ini dilakukan dengan mengintegrasikan ISO 9001:2015 Klausul 9.1 mengenai monitoring, measuring, analysis, and evaluation dan Borang AIPT Standar 3.1.6 instrument monitoring dan 3.1.7 hasil pelaksanaan monitoring. Pertimbangan Risk Based Thinking pada perancangan proses juga dilakukan sebagai salah satu requirement pada ISO 9001:2015. Risk register yang menjadi outputnya akan disertakan pada lampiran SOP Survei Internal (Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan) sebagai bukti telah dilakukannya pertimbangan risiko. Proses yang telah dirancang kemudian diperbaiki dengan menggunakan salah satu tahap pada metode business process improvement, yaitu apply improvement techniques. Setelah dilakukan improvement terhadap proses bisnis, selanjutnya SOP dirancang dengan mempertimbangkan Klausul 4.4.1 ISO 9001:2015 dan diverifikasi kepada Unit SAI.

Hasil dari penelitian ini adalah dokumen SOP Survei Internal (Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan) dan simulator dengan berbasiskan web melalui software Joget workflow, untuk mensimulasikan aliran proses yang telah dirancang pada SOP usulan lengkap dengan komponen pendukungnya seperti email, formulir, dan lainnya.

Kata Kunci: Survei, Kepuasan Mahasiswa, ISO 9001:2015, Borang AIPT, Risk Based Thinking, Risk register, Business Process Improvement.

Subjek

Industrial engineering
 

Katalog

PERANCANGAN SOP SURVEI INTERNAL (PENGUKURAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN) DI UNIVERSITAS TELKOM BERDASARKAN ISO 9001:2015 KLAUSUL 9.1 DENGAN MEMPERTIMBANGKAN RISIKO DAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RADIFAN AHMAD HASBI
Perorangan
SRI WIDANINGRUM, HERIYONO LALU
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini