PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT HM SAMPOERNA TBK. BERDASARKAN PENGETAHUAN ETIKA BISNIS MAHASISWA MENGENAI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Mahasiswa MBTI, Universitas Telkom)

MOHAMAD FIKRI MISBAH

Informasi Dasar

17.04.3183
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berdasarkan hasil Nielsen Retail Audit Results Full Year 2015, Sampoerna memiliki pangsa pasar yang cukup besar di Indonesia yang menjadikannya perusahaan rokok nomor satu di Indonesia. Menurut data dari The Tobacco Atlas 2015, Indonesia menempati peringkat empat dunia sebagai negara pengkonsumsi rokok. Hal ini berbanding lurus dengan tingginya jumlah kematian prematur akibat rokok setiap tahunnya yang menjadikan Indonesia sebagai negara tertinggi jumlah kematian prematur akibat rokok di wilayah ASEAN.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap citra perusahaan PT HM Sampoerna Tbk. berdasarkan pengetahuan etika bisnis mereka mengenai CSR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dengan cara menyebarkan kuesioner online untuk keperluan pengumpulan data. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 100 orang mahasiswa jurusan MBTI, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Telkom. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode regresi linier sederhana dengan SPSS 20.

Dari hasil analisis, penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan etika bisnis mahasiswa MBTI mengenai CSR memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi mereka pada citra perusahaan PT HM Sampoerna Tbk. Dalam hal penilaian terhadap CSR Sampoerna, mahasiswa menilai apa yang sudah diberikan sangat baik sehingga persepsi mereka terhadap citra perusahaan juga baik. Namun, disisi lain, mahasiswa MBTI menganggap rokok merupakan produk berbahaya yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan maupun lingkungan. Sehingga mahasiswa MBTI merasakan ethical dilemma dalam menyikapi hal tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap citra perusahaan PT HM Sampoerna Tbk. sudah baik. Perusahaan diharapkan dapat meninjau kembali keamanan produknya dan membuat aturan bersama dengan pemerintah dalam membuat inkubasi khusus perokok di area publik, serta menggalakan dan menindak tegas konsumen yang melanggar aturan agar tercipta suasana aman dan nyaman bagi masyarakat ketika berada di ruang publik.

Kata Kunci: Persepsi, Pengetahuan, Etika Bisnis, CSR

Subjek

GOOD CORPORATE GOVERNANCE
 

Katalog

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT HM SAMPOERNA TBK. BERDASARKAN PENGETAHUAN ETIKA BISNIS MAHASISWA MENGENAI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Mahasiswa MBTI, Universitas Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOHAMAD FIKRI MISBAH
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini