PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN RISIKO PERUSAHAAN TERHADAP TAX AVOIDANCE

REGINA OCTAVIA BR SINAMBELA

Informasi Dasar

17.04.3234
657.46
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

** ** Tax Avoidance adalah upaya atau seni yang dilakukan oleh wajib pajak dengan melakukan usaha untuk mengurangi beban pajak terutang atau meminimalisasi pembayaran pajak secara legal dan tidak melanggar peraturan.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ukuran perusahaan, profitabilitas dan risiko perusahaan terhadap _tax avoidance_ pada perusahaan subsektor makanan dan minuman  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 – 2015.

    Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah _purposive sampling_. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 14 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan regresi data panel menggunakan _software Eviews-9_. Metode analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan signifikansi 5%.

    Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan ukuran perusahaan, profitabilitas dan risiko perusahaan berpengaruh signifikan terhadap _tax avoidance_. Sedangkan secara parsial, ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan namun profitabilitas dan risiko perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap _tax avoidance_. Dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 14%, yang artinya variabel bebas dapat menjelaskan variabel terikat sebesar 14% sedangkan 86% lainnya dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

    Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diharapkan agar wajib pajak lebih mematuhi peraturan perpajakan dan membayar kewajiban pajaknya dengan tepat waktu dan jumlah yang benar. Dan pemerintah yang memiliki peran sebagai pengawas lebih mampu meningkatkan pengawasan dalam pembayaran pajak, supaya tidak ada wajib pajak yang melanggar aturan.

Kata kunci: Tax Avoidance, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Risiko Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN RISIKO PERUSAHAAN TERHADAP TAX AVOIDANCE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REGINA OCTAVIA BR SINAMBELA
Perorangan
Leny Suzan, Dewa Putra Khrisna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini