PENGARUH RASIO PROFITABILTAS, RASIO GEARING, DAN RASIO LIKUIDITAS, TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN KE PUBLIK. (studi pada perusahaan di sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015)

HANUM YUNIAR HAPSARI

Informasi Dasar

17.04.3235
657.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ketepatan waktu dalam menyampaikan laporan keuangan merupakan komponen penting dalam menyampaikan informasi yang dibutuhkan bagi pihak-pihak yang membutuhkan seperti investor dan manajemen itu sendiri untuk mengambil suatu keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan di sektor pertambangan. Pengujian ketepatan waktu pada penelitian ini menggunakan variabel dummy. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rasio profitabilitas, rasio gearing, dan rasio likuiditas terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar pada BEI. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling da diperoleh 30 perusahaan dengan periode penelitian pada tahun 2011-2015. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan rasio profitabilitas, rasio gearing, dan rasio likuiditas berpengarh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Sedangkan secara parsial variabel rasio profitabilitas yang diproksikan menggunakan return on asset berpengaruh positif signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, variabel rasio gearing secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, dan variabel rasio likuiditas yang di proksikan menggunakan current ratio secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka apabila perusahaan pertambangan ingin melaporkan laporan keuangannya untuk tepat waktu maka perusahaan perlu meningkatkan ROA dan CR. Kata kunci: ketepatan waktu, rasio profitabilitas, rasio gearing, rasio likuiditas.

Subjek

Management-financial
 

Katalog

PENGARUH RASIO PROFITABILTAS, RASIO GEARING, DAN RASIO LIKUIDITAS, TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN KE PUBLIK. (studi pada perusahaan di sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANUM YUNIAR HAPSARI
Perorangan
Khairunnisa, Dewa Putra Krishna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini