PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BABASAN BAGI SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR KELAS 4 - 6

HILMAN FARIZA

Informasi Dasar

17.04.3266
004.21
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Warisan budaya Sunda, terbukti banyak macamnya. Salah satunya adalah babasan. Babasan merupakan sekumpulan susunan kata dalam bahasa Sunda yang memiliki makna yang konotatif, dan penggunaannya sudah disepakati oleh banyak pihak (Satjadibrata, 2005 : 61). Sebagai warisan budaya Sunda, penggunaan babasan saat ini sudah mulai ditinggalkan. Hal tersebut menjadi latar belakang penelitian ini. Sebenarnya, pembelajaran dan pengenalan terhadap babasan sudah diberikan sejak bangku sekolah dasar, namun masih dirasa belum efektif. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya untuk membuat sebuah media pembelajaran mengenai babasan, yang efektif dan menarik untuk anak-anak tingkat sekolah dasar. Media pembelajaran melalui permainan kartu (card game) dipilih sebagai solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini. Dengan menggabungkan antara proses pembelajaran dan pengenalan babasan dengan media permainan, diharapkan dapat menjadi metode baru yang efektif untuk proses pembelajaran.

Kata Kunci : Babasan, Media Pembelajaran, Card Game

Subjek

GAMES DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BABASAN BAGI SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR KELAS 4 - 6
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HILMAN FARIZA
Perorangan
SAHID MAULANA, PAKU KUSUMA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • VDG4I6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini