PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung Tahun 2015)

NOVELIA KRISTINA ANGGRAENI

Informasi Dasar

17.04.3273
658.408 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian internal, dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Bandung, serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem pengendalian internal baik secara simultan maupun parsial terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah di BPKA Kota Bandung. Berdasarkan tujuannya, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif bersifat kausal dan termasuk dalam penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung, dengan sampel pegawai bagian sekretariat dan akuntansi yang berjumlah 48 responden. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuisioner. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, pengujian validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan bantuan software SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem pengendalian internal di BPKA Kota Bandung tergolong baik. Berdasarkan pengujian hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap kualitas laporan keuangan. Sedangkan, sistem pengendalian internal secara parsial berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah di BPKA Kota Bandung. Secara simultan, kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah di BPKA Kota Bandung.

Kata kunci : Kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian internal, kualitas laporan keuangan pemerintah daerah

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung Tahun 2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOVELIA KRISTINA ANGGRAENI
Perorangan
Dini Wahjoe Hapsari, Dedik Nur Triyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini