PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

SIFA DWIARIANI

Informasi Dasar

17.04.3285
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan adalah komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perusahaan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel yang berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan seperti profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan. Penellitian ini meneneliti secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai populasi. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 10 perusahaan pada tahun 2013-2015 dengan 30 sampel yang diobservasi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel. Berdasarkan hasil penelitian, profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian bagi investor disarankan memilih perusahaan dengan pengungkapan tanggung jawab sosial yang baik sebagai salah satu dasar untuk membantu dalam pengambilan keputusan investasi. Bagi perusahaan, disarankan untuk memaksimalkan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sesuai aturan GRI 4. Kata kunci: Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan.

Subjek

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SIFA DWIARIANI
Perorangan
Leny Suzan, Djusnimar Zultilisna
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini