Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Struktur Kepemilikan Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Kasus pada Perusahaan Indeks SRI-KEHATI Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015)

HANNA PERTIWI

Informasi Dasar

17.04.3289
352.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan yang menjalankan kegiatan usahanya yang berkaitan dengan sumberdaya alam wajib melaksanakan kegiatan tanggungjawab sosial dan lingkungan. Dengan adanya kewajiban perusahaan dalam melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility, perusahaan diharapkan mampu dalam melakukan pengungkapan tanggungjawab sosial sebagai bentuk transparansi, akuntabilitas, dan responsibilitas perusahaan kepada investor dan stakeholder lainnya. Adanya kerangka konsep pelaporan tanggungjawab sosial yang dapat digunakan adalah Global Reporting Initiative (GRI) dalam bentuk laporan keberlanjutan. Namun, tidak sedikit perusahaan yang belum melakukan pengungkapan terhadap kegiatan tanggungjawab sosial dalam sebuah laporan keberlanjutan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, leverage, dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Obyek penelitian yang digunakan adalah pada perusahaan dengan Indeks SRI-KEHATI yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2013-2015. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi data yang bersumber pada laporan keberlanjutan dan laporan tahunan yang dipublikasikan melalui Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 10 perusahaan dari Indeks SRI-KEHATI yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2013-2015. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan software Eviews versi 9.5, secara simultan variabel independen yang terdiri dari profitabilitas, leverage, dan kepemilikan saham publik memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Pengujian secara parsial menunjukkan hasil bahwa leverage dan kepemilikan saham publik memiliki pengaruh signifikan kearah negatif, sedangkan profitabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility.

Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Saham Publik, Pengungkapan Corporate Social Responsibility.

Subjek

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
 

Katalog

Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Struktur Kepemilikan Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Kasus pada Perusahaan Indeks SRI-KEHATI Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANNA PERTIWI
Perorangan
Willy Sri Yuliandari, Wiwin Aminah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini